TribunTimur/
Home »

Lutra

Begini Cara Dinas Perikanan Luwu Utara Tingkatkan Produksi Ikan Lele

Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terus berupaya mendorong peningkatan produksi ikan lele di wilayahnya.

Begini Cara Dinas Perikanan Luwu Utara Tingkatkan Produksi Ikan Lele
chalik/tribunlutra.com
Kadis Perikanan Luwu Utara, Muharwan. 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Chalik Mawardi

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terus berupaya mendorong peningkatan produksi ikan lele di wilayahnya.

Selain menerapkan media budidaya kolam air tawar dan mina padi lele, Dinas Perikanan juga mengembangkan teknologi bioflog dalam budidaya ikan lele.

Kepala Dinas Perikanan, Muharwan, dalam rilis yang diterima TribunLutra.com, Kamis (14/09/2107) menyebutkan, teknologi bioflog dianggap dapat meningkatkan produksi lele di lahan yang terbatas.

Pengembangan lele bioflog juga dapat diintegrasikan dengan sistem hidroponik, secara teknis air buangan limbah budidaya yang mengandung mikroba dapat dimanfaatkan sebagai pupuk yang baik bagi sayuran.

Baca: Alumni Unismuh Bentuk KUB Pertanian di Luwu Utara, Ini Tujuannya

"Sistem budidaya bioflog relatif mudah, hemat dalam penggunaan air dan pakan serta dapat dilakukan di lahan yang terbatas," ucap Muharwan.

Dia menjelaskan, satu kolam bioflog dengan ketinggian 1,60 hingga 1,85 meter dengan ketinggian antara 1,2 hingga 1,5 meter, dapat menghasilkan ikan lele sebanyak 1.000 hingga 2.500 ekor.

Produksi lele di Luwu sepanjang tahun 2016 mencapai 78,8 ton.

Muharwan berharap dengan teknologi bioflog produksi ikan lele dapat meningkat di tahun ini.(*)

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help