TribunTimur/

Wisata ke Perkebunan Kopi di Rantebua Toraja Utara

Perkebunan Kopi Toraja di Desa Bokin, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, bisa dijangkau dengan sarana transportasi umum di kabupaten setempat

Wisata ke Perkebunan Kopi di Rantebua Toraja Utara - perkebunan-kopi-di-rantepao_20170913_202005.jpg
perkebunan kopi tuarco rantepao
Wisata ke Perkebunan Kopi di Rantebua Toraja Utara - petik-kopi-di-toraja_20170913_202318.jpg
perkebunan kopi tuarco rantepao
Wisata ke Perkebunan Kopi di Rantebua Toraja Utara - tongkonan-di-perkebunan-kopi_20170913_202231.jpg
tongkonan di perkebunan kopi

TRIBUN-TIMUR.COM, - Selain memiliki sejumlah obyek wisata alam dan budaya, Toraja juga dikenal dengan kekhasan kulinernya. Satu yang paling ikonik dalam kuliner khas Toraja yaitu kopi.
Bahkan Kopi Toraja pun dikenal dan jadi komoditi bisnis kuliner di sejumlah negara lain baik di asia hingga Eropa. Kopi memang tumbuh subur di bumi Toraja yang berada di daerah daratan tinggi atau pegunungan dengan iklim cuaca yang dingin.

Nah, salah satu destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi di Kabupaten Tana Toraja adalah perkebunan kopi di pedalaman Desa Bokin, Kecamatan Rantebua. Perkebunan kopi ini berada di sebelah timur Toraja Utara.

Ada dua jenis kopi yang diproduksi dari perkebunan tersebut yaitu arabika dan robusta. Perkebunan Kopi Toraja ini dikelola oleh perusahaan asal Jepang, Key Coffee, melalui anak perusahaannya, PT Toarco Jaya Coffee.

Manajemen perusahaan kopi ini pun tetap welcome bagi wisatawan atau warga Toraja yang hendak berkunjung ke perkebunan kopi tersebut. Pengunjung bahkan dobolehkan melihat langsung proses penanaman, pemeliharaan, hingga kegiatan panen di perkebunan kopi.

Perkebunan kopi dari Toarco Jaya Coffee ini terbuka bagi pengunjung atau wisatawan. Tanaman kopi terhampar dengan rapi dalam perkebunan ini. Selain itu, terdapat satu unit Tongkonan yang dibangun perusahaan setempat untuk tempat istirahat wisatawan.

Dari tongkonan tersebut, wisatawan dapat bersantai sambil menikmati sajian Kopi Toraja dan menikmati areal perkebunan kopi seluas 530 hektare dan pemandangan bukit sekitar.

Jika tertarik berkunjung ke perkebun kopi ini, warga maupun wisatawan bisa menghubungi manajemen perusahaan setempat dengan nomor kontak 0813 4380 0288.

Transportasi Umum
Perkebunan Kopi Toraja di Desa Bokin, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, bisa dijangkau dengan sarana transportasi umum di kabupaten setempat. 

Jaraknya berkisar 20 kilometer dari pusat kota di Rantepao. Untuk mendapatkan akses dengan mudah dan murah ke destinasi perkebunan kopi ini, cukup ke Terminal Bolu di Rantepao dan mencari kendaraan umum yang menuju Desa Bokin.

Jangan lupa sebelum menumpangi atau berada di perjalanan menuju perkebunan kopi, sampaikanlah kepada sopir agar Anda diturunkan di kawasan perkebunan kopi PT Toarco.

Lama perjalanan ditempuh sekitar satu jam dengan tarif angkutan umum sekitar Rp 20 ribu. Selain kendaraan umum roda empat, obyek wisata kebun kopi ini bisa dijangkau dengan transportasi umum roda dua atau ojek.

Namun, biaya menggunakan ojek ke perkebunan kopi tersebut lebih besar dibanding mobil angkutan umum. Tarif ojek dari Rantepao ke Desa Bokin sekitar Rp 50 ribu.

Jika ingin perjalanan lebih privasi maka boleh juga menyewa atau rental motor maupun mobil. Sewa mobil di Toraja Utara tarifnya sekitar Rp 350 ribu per hari sedangkan motor hanya Rp 200 ribu per hari.(tribuntoraja.com)

Penulis: Yultin Rante
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help