TribunTimur/

Bahas KPK, Abraham Samad 'Off The Record' Lima Kali di Tribun Timur

Komisioner KPK, kata Abraham, mengistilahkan korupsi di negara ini sudah berstatus tingkat tinggi.

Bahas KPK, Abraham Samad 'Off The Record' Lima Kali di Tribun Timur
MUH ABDIWAN
Forum Dosen Makassar kembali mengadakan dialog terbuka di Gedung Tribun Timur Jl Cendrawasih, Makasssar, Rabu (13/9/2017).Diskusi yang dipandu Dosen Fisip Unhas, Adi Suryadi Culla ini dihadiri oleh Prof Qasim Mattar, Aswar Hasan, Das'ad Latif, dan sejumlah aktivis korupsi di Makassar seperti Fik Ornop dan ACC Sulawesi.Diskusi bertajuk Perlukah KPK Dibubarkan? tersebut menghadirkan langsung mantan Ketua KPK Abraham Samad. 

Laporan wartawan TRIBUN-TIMUR, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Abraham Samad tidak sepakat dengan issu tentang pembubaran lembaga anti rasuah yang pernah ia pimpin.

Dalam dialog Forum Dosen yang membahas tentang : Perlukah KPK Dibubarkan ? membuat Openg sapaan Abraham Samad "menyanyi" .

Pembubaran KPK menurutnya petaka bagi negara ini. Tingkat korupsi di Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Indonesia sendiri masuk dalam status darurat.

Komisioner KPK, kata Abraham, mengistilahkan korupsi di negara ini sudah berstatus tingkat tinggi. Olehnya itu, para komisioner komitmen dengan penegakan represif.

Ia menjelaskan penegakan represif ini, mulai dengan melakukan penyelidikan , penyidikan, hingga dilanjutkan ke pengadilan.

Lanjut Openg, banyak pihak meminta kepada KPK agar menjalankan sistem pencegahan, bukan penindakan.

Namun hal itu ia beberkan tidak di respon oleh komisioner, pasalnya kembali lagi kepada status atau tingkat korupsi yang ada di Indonesia.

Sistem pencegahan korupsi ini berlaku di Korea Selatan yang tingkat korupsinya jauh lebih rendah dibanding Indonesia.

"Ini Indonesia, bukan Korea Selatan. Status korupsinya beda," kata adik kandung Dirut PD Terminal Makassar ini.

Halaman
12
Penulis: Saldy
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help