TribunTimur/

Naik Hampir 3X Lipat, Segini Besarnya Gaji 'Baru' Anggota DPRD Jeneponto

Untuk saat ini, menurut Muh Asrul, gaji pokok anggota DPRD Jeneponto mencapai Rp 2,7 juta per orang.

Naik Hampir 3X Lipat, Segini Besarnya Gaji 'Baru' Anggota DPRD Jeneponto
Muslimin Emba/tribunjeneponto.com
Seketaris DPRD Jeneponto, Muh Asrul 

TRIBUNJENEPONTO.COM, BINAMU - Bulan depan, gaji dan tunjangan 'baru; untuk 40 anggota DPRD Jeneponto sudah cair.

Hal itu diungkapkan Seketaris DPRD Jeneponto, Muh Asrul, saat ditemui TribunJeneponto.com di halaman kantor Bupati Jeneponto, Jl Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Binamu, Senin (11/09/2017) siang.

"Kita targetkan Oktober sudah mulai diterima semua, karena ini kita baru serahkan KUA PPAS-nya ke keuangan dan perbubnya juga sementara dikerja, karena harus ada perbub yang mengatur," kata Muh Asrul.

Kenaikan gaji dan tunjangan tersebut mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Untuk saat ini, menurut Muh Asrul, gaji pokok anggota DPRD Jeneponto mencapai Rp 2,7 juta per orang.

"Untuk gaji pokok itu sekarang dua juta tujuh ratus, sementara untuk tunjangan beras, perumahan, istri dan anak itu sekitar delapan jutaan lebih, jadi total gaji diterima anggota dewan sekitar Rp 10 sampai 11 juta," ujar Muh Asrul.

Untuk total kenaikan gaji dan tunjangan yang akan datang, pihaknya mengaku belum mandapatkan data rincian.

Namun, pihaknya memperkirakan kenaikan gaji dan tunjangan untuk para wakil rakyat di Jeneponto itu berkisar antara Rp 30 hingga 33 juta.

"Bantaeng kan 32 (juta), Takalar 33  (juta), mungkin itu dijadikan standar, karena itu disesuaikan dengan APBD dan klaster daerah dan kita kan masuk klaster daerah sedang," ucapnya.

Saat ini, terdapat 15 kendaraan dinas yang digunakan badan kelengakapan dewan DPRD Jeneponto, seperti komisi, fraksi, Badan legeslasi dan Badan Kehormatan.

Ke 15 mobil dinas itu wajib dikembalikan ke bagian aset daerah, sehari sebelum pencairan atau pas di hari pencairan," ujarnya.

Jika diratakan, per anggota DPRD Jeneponto mendapatkan gaji dan tunjangan sebanyak Rp 30 juta per bulan, maka daerah dan negara harus membayar Rp 1,2 milliar per bulannya.

Terpisah, kepala Badan Pendapatan Daerah, Armawih yang dikonfirmasi TribunJeneponto.com melalui telepon selularnya, menuturkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2017 ini mencapai Rp 113.182.239.184.

Berikut rincian PAD yang dikirim Armawi ke TribunJeneponto.com via sms selularnya.

- Pajak Daerah, Rp 10.155.000.000
- Retribusi Daerah, Rp 76.615.781.113
- Hasil Pengelolan Kekayaan Daerah yang dipisahkan, Rp 5.442 783.121
- Lain-lain PAD yang sah, Rp 20.968.674.950

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help