TribunTimur/

Peringati Perjuangan HV Worang, Pemuda Jeneponto Lakukan Ini

Peringatan napak tilas itu dilakukan di tempat pertama kalinya HV Worang dan pasukannya mendarat di Bumi Turatea.

Peringati Perjuangan HV Worang, Pemuda Jeneponto Lakukan Ini
handover
Peringatan napak tilas perjuangan HV Worang di Kampung Pattontongan, Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Minggu (10/09/2017). 

Laporan Wartawan TribunJeneponto, Muslimin Emba

TIBUNJENEPONTO.COM, BINAMU - Puluhan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di Jeneponto mengikuti napak tilas perjuangan HV Worang, Minggu (10/9/2017). 

Peringatan napak tilas itu dilakukan di tempat pertama kalinya HV Worang dan pasukannya mendarat di Bumi Turatea yaitu tepi pantai Kampung Pattontongan, Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Napak tilas bertujuan untuk mengenang sejarah perlawanan HV Worang dalam menumpas pemberontakan DI TII di Jeneponto.

Sambil mengenakan pengikat kepala para pemuda itu mendengar sejarah singkat perjuangan HV Worang yang dibacakan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

"Dibawa komandan HV Worang ketika mendarat di tempat ini (Pattontongan) bertujuan untuk menumpas pemberontakan DI TII yang bertujuan untuk melepaskan diri dari NKRI yang berideologi Pancasila," kata Iksan Iskandar, dalam rilis yang diterima TribunJeneponto.com.

Oleh karena itu, kata Iksan, nilai-nilai perjuangan HV Worang harus terpatri di dalam diri bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tidak mengenal perbedaan suku, agama, dan ras.

Usai memberi sambutan Iksan pun melepas peserta napak tilas untuk berjalan menuju Lapangan Passamaturukang, Jl Pahlawan.

Hadir dalam napak tilas itu Kapolres Jeneponto AKBP Hery Susanto, Ketua KNPI Jeneponto Asprianto dan beberapa pimpinan Organiasi Pemerintah Daerah (OPD) Jeneponto.(*)

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help