TribunTimur/

Eksotisme Pulau Lanjukang yang Terancam Hilang

Pohon-pohon pinus yang tumbuh di sekitar pulau bertumbangan, dan rumah-rumah warga yang dekat pantai terpaksa dipindahkan.

Eksotisme Pulau Lanjukang yang Terancam Hilang
TRIBUN TIMUR/FAHRIZAL SYAM
Pulau Lanjukang menjadi salah satu destinasi yang tepat buat berlibur dan bersantai. Pulau Lanjukang terletak sekitar 40 Km dari Kota Makassar. 

Laporan Wartawan Tribun Timir, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan terkenal sebagai provinsi yang memiliki banyak pulau yang indah. Gugusan pulau-pulau yang jumlahnya lebih dari 100 membentang dari Selatan hingga di wilayah Provinsi Sulawesi Barat di utara. Gugusan pulau-pulau itu dikenal dengan nama Spermonde.

Kota Makassar sendiri memiliki belasan pulau di antara gugusan Spermode tersebut. Pulau tersebut yakni Lae-lae, Samalona, Kodingareng Lompo, Kodingareng Keke, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu-Lumu, Langkai, Lanjukang, dan Kayangan. 

Dari belasan pulau tersebut, beberapa di antaranya memiliki pantai yang sangat indah dan menjadi destinasi wisata, salah satunya Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang menjadi pulau terluar Makassar dan masuk dalam wilayah Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

Pulau ini terletak sekitar 40 Km dari Kota Makassar. Untuk sampai ke sana, dapat ditempuh menggunakan kapal kecil yang bisa disewa di sekitar pelabuhan Paotere atau dermaga Kayu Bangkoa Makassar dengan waktu tempuh 2-3 jam.

Sewa kapal bervariasi, bergantung jenis kapal dan bagaimana nego dengan pemilik kapal. Namun standar yang biasanya dipatok berkisar Rp 1-2 jutaan untuk kapal jenis sekoci yang akan mengantar pulang-pergi.

Lanjukang adalah pulau kecil yang didiami 60-an orang dengan 16 kepala keluarga. Luas pulau ini sekitar 6 Ha dan membentang dari barat daya ke timur laut.

Selain pantainya yang memiliki pasir putih bersih. Pulau ini juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Berbagai macam terumbu karang dapat ditemukan serta ratusan jenis ikan yang berwarna-warni.

Beberapa spot yang tersedia yaitu, camping space bagi anda yang ingin menginap, mercusuar, musalla, spot snorekling, spot berebang, kebun, dan tentunya spot diving bagi anda pecinta bawah laut.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help