TribunTimur/

Kata Kepsek SMAN 2 Bantaeng, Full Day School Lebih Efektif

Kepala Sekolah SMAN 2 Bantaeng, Andi Arung menyebut langkah ini baru sebatas uji coba hingga enam bulan ke depan.

Kata Kepsek SMAN 2 Bantaeng, Full Day School Lebih Efektif
edi hermawan/tribunbantaeng.com
Kepala Sekolah SMAN 2 Bantaeng, Andi Arung 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - SMAN 2 Bantaeng telah memberlakukan penerapkan full day school atau lima hari sekolah sejak tiga pekan terakhir.

Kepala Sekolah SMAN 2 Bantaeng, Andi Arung menyebut langkah ini baru sebatas uji coba hingga enam bulan ke depan.

"Baru tiga pekan saya terapkan lima hari sekolah jadi masih tahap uji coba selama satu semester," ujarnya kepada TribunBantaeng.com, Kamis (7/9/2017).

Dengan sistem ini, ia melihat siswa lebih fokus dalam belajar baik intra maupun ekstra kurikuler, sehingga waktunya memang dipergunakan dengan maksimal.

Sehingga semakin sedikit peluang mereka keluyuran sepulang sekolah. "Sebelum diberlakukan ini ada juga laporan masuk bahwa anaknya sampai rumah nanti jam lima, padahal jam pulang kan hanya jam dua. Jadi saya rasa ini lebih efektif," tuturnya.

Dua hari libur, lanjutnya, bisa mereka gunakan untuk keluarga, biar lebih dekat dan porsi bimbingan orangtua juga bisa lebih banyak terhadap anaknya.

"Namun saya juga belum tau banyak kekurangan maupun kelebihan dari program lima hari sekolah ini," tuturnya.

Sekadar informasi, kebijakan full day school menuai polemik dikalangan pelajar dan orangtua. Karena itu pemerintah mengeluarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2017, menggantikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Dengan adanya Perpres yang sudah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo, sekolah bisa memilih untuk menerapkan lima atau enam hari sekolah dalam sepekan.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help