TribunTimur/

Waspada Kehilangan Boarding Pass Saat di Bandara, Ini Bahayanya!

Benda ini sering luput dari perhatian karena calon penumpang beranggapan bahwa mereka masih dapat melakukan pemesanan saat boarding pass hilang.

Waspada Kehilangan Boarding Pass Saat di Bandara, Ini Bahayanya!
HANDOVER
Contoh Tampilan Boarding Pass Salah Satu Maskapai Penerbangan di Indonesia. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Beberapa hal yang disiapkan saat akan bepergian menggunakan moda transportasi pesawat udara adalah uang, dompet, tanda bukti identitas seperti KTP atau paspor bagi yang terbang ke luar negeri.

Namun, satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah boarding pass.

Benda ini sering luput dari perhatian karena calon penumpang pesawat udara beranggapan bahwa mereka masih dapat melakukan pemesanan saat boarding pass hilang.

Padahal, jika benda ini hilang, ada beberapa dampak yang ditimbulkan loh.

Siapapun yang menemukannya dapat mengetahui nama dan dimana traveler akan pergi.

Ini tentu bisa menjadi informasi menarik bagi mereka yang hendak melakukan kejahatan.

Dilansir dari TibunTravel.com, maskapai penerbangan bukan satu-satunya pihak yang dapat memindai barcode dari boarding pass. Namun Website juga bisa membaca barcode.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan para pelaku kejahatan melancarkan aksinya.

"Mereka bisa mendapatkan banyak informasi penting hanya dari boarding pass," ujar wakil presiden Experian tentang perlindungan terhadap konsumen.

Informasi yang bisa didapatkan diantaranya akses ke nomor kursi, rincian flyer, tarif yang dibayar dan empat digit terakhir dari nomor kartu kredit yang digunakan untuk membeli tiket.

Setelah mereka mendapatkan akun traveler (cukup mudah melewati pertanyaan keamanan saat Google tahu lebih banyak tentang traveler daripada yang kamu sadari), mereka dapat membatalkan penerbangan, mengubah kursi, dan banyak lagi aksi lainnya.

Meski para pelaku kejahatan hampir tidak mungkin mendapat informasi detail dan sensitif mengenai rincian bank, sejumlah kemungkinan dapat terjadi.

Jadi, kalian yang akan melakukan sebuah perjalanan udara, jangan mengabaikan boarding pass yah. (*)

Berita ini sebelumnya telah terbit di Tribun Travel dengan judul "Jangan Pernah Kehilangan Boarding Pass Saat Berada di Bandara, Bahaya Ini Siap Mengintaimu!"

Penulis: Nurul Adha Islamiah
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help