TribunTimur/

Pimnas ke 30 di UMI

Kirim 6 Tim, Ini Profile Kontingen Unesa di Pimnas ke-30

Unesa memboyong enam kelompok berbeda dan mengikuti sejumlah kategori Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diperlombakan.

Kirim 6 Tim, Ini Profile Kontingen Unesa di Pimnas ke-30
tribun timur/muhammad abdiwan
Rombongan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyambangi kantor tribun timur, jumat (25/8). Rombongan ini memaparkan sejumlah karya ilmiah yang akan diperlombakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2017 di kampus UMI 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Universitas Negeri Surabaya (Unesa) merupakan salah satu dari puluhan kampus di Indonesia yang ikut memeriahkan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2017.

Unesa memboyong enam kelompok berbeda dan mengikuti sejumlah kategori Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diperlombakan.

Kelompok yang dibawa pun terdiri dari sejumlah mahasiswa lintas jurusan dengan berbagai tingkatan angkatan.

Rombongan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyambangi kantor tribun timur, jumat (25/8). Rombongan ini memaparkan sejumlah karya ilmiah yang akan diperlombakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2017 di kampus UMI.
Rombongan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyambangi kantor tribun timur, jumat (25/8). Rombongan ini memaparkan sejumlah karya ilmiah yang akan diperlombakan pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2017 di kampus UMI. (tribun timur/muhammad abdiwan)

Mahasiswa/Mahasiswi terpilih ini mewakili Unesa di gelaran Pimnas yang berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) setelah menyingkirkan sekitar 51 kelompok yang ada di Unesa sebelumnya.

Penelitian atau penemuan yang diikutkan selama lima hari penyelenggaraan pun beraneka macam.

Seperti penemuan pemanfaatan limbah cangkang kerang sebagai bahan penghilanh bakteri pada rongga mulut, hingga penelitian terkait strategi revitalisasi budaya lokal dalam menghadapi masyarakat Generasi Z.

"Ini ada enam kelompok yang lolos ke babak final Pimnas tahun ini dan semuanya merupakan unggulan, persiapan dan proses yang dilakukan pun sejak setahun lalu," Ali Imron selaku dosen pembimbing saat mengunjungi Kantor Tribun Timur, Jumat (25/8/2017).

Zahroful Jannah, mahasiswi Unesa yang juga sebagai ketua kelompok yang mengikuti kategori PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) mengaku senang bisa mempresentasekan hasil penelitiannya di depan juri.

Penelitian yang ia presentasekan yakni pembuatan Antibakterial dari limbah cangkang kerang (kalsium karborat) dengan Magnesium Oksida untuk menghilangkan bakteri pada rongga mulut.

"Untuk sementara proses untuk membuatnya memang panjang tapi dari hasil penelitian kami sangat bermanfaat apalagi hasil dari bahan yang di dapat berupa bubuk bisa disimpan hingga bertahun-tahun, manfaatnya juga terasa. Meski begitu kami sementara akan mengembangkan cara pemakaiannya," paparnya.(*)

Penulis: Alfian
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help