TribunTimur/
Home »

Video

Ketua RW Ujung Tanah Ini Ancam Bakar Diri di Depo Gas Pertamina Makassar

Dia juga mengungkapkan Sejak tahun 1970-an dia sudah berjuang menuntut haknya untuk lahan seluas 7,4 ha.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Di tengah upaya Pertamina Region VII menginvestigasi pemicu insiden ambruknya tangki "bola dunia" kapasitas 250 metrik ton di kawasan Depot Filling LPG Pelabuhan Makassar, Senin (22/8/2017) lalu, seorang kakek beranak 10, bercucu 22, bercicit 3, dan beristri 4, duduk merunduk di Pos Ronda RW II Kelurahan Tamalabba, Kecamatan Ujung Tanah, utara Makassar.

Selasa (22/8/2017) siang, jelang Salat Asar, kakek berusia 69 tahun itu, menatap tajam pagar tembok Depot LPG dan BBM Pertamina Makassar yang hanya berjarak sekitar 70 meter dari rumahnya.

"Sudah dua kali ini kami dikasi kaget sama depo gas, tahun 2009 lalu, kebakarannya bikin trauma sampai satu bulan," ujar pria berkulit legam itu menjawab pertanyaan Tribun, perihal insiden Senin siang lalu.

Insiden jelang Asar itu, membuat semua serine darurat di komplek samping rumahnya menyalak dan bersahut-sahutan seperempat jam.

Depot Liquid Petrolium Gas (LPG) Makassar, Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Ujung Tanah, utara Makassar, Senin (21/8), dilaporkan rubuh. Satu tangki berisi 45 ton gas nyaris terguling di halaman kantor PT Pertamina (Persero) Regional VII, Jl Hatta, Makassar.
Depot Liquid Petrolium Gas (LPG) Makassar, Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Ujung Tanah, utara Makassar, Senin (21/8), dilaporkan rubuh. Satu tangki berisi 45 ton gas nyaris terguling di halaman kantor PT Pertamina (Persero) Regional VII, Jl Hatta, Makassar. (HANDOVER)

Baca: Depot Gas Pertamina Makassar Rubuh, Warga Panik dan Berlarian ke Jalan

Dia menggambarkan mesin puluhan truk pengangkut gas dan BBM menderu meninggalkan lokasi. 

Buruh dan pekerja berlarian keluar area dermaga, 4 tanki gas bola dunia kapasitas 2.500 mt dan tanki raksasa bahan bakar fosil lain.

"Saya di rumah, tapi saat dengar perempuan teriak-teriak, saya langsung cari itu mandor depo, I Rustang, saya mau bilang pindah memangmi depo, itu tanah keluargaku," katanya dengan nada tinggi dan gemetar.

Baca: Sempat Panik, Warga Sekitar Depot Gas Pertamina Makassar Mulai Beraktivitas Normal

Suasana terminal bahan bakar Minyak pertamina pasca peristiwa kapsul penampungan gas elpiji nyaris jatuh akiba tiangnya yang keropos hingga tidak bisa lagi menahan beban di Jl Hatta Makassar, Selasa (21/8/2017). Tak hanya karyawan, warga sekitar juga panik saat mengetahui adanya kejadian tersebut. Bahkan ada yang pergi menjauh untuk mengamankan diri. Pasca kejadian tersebut, mekanik PT Pertamina telah berupaya membetulkan kembali yang menjadi penyebab goyangnya kapsul tersebut. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Suasana terminal bahan bakar Minyak pertamina pasca peristiwa kapsul penampungan gas elpiji nyaris jatuh akiba tiangnya yang keropos hingga tidak bisa lagi menahan beban di Jl Hatta Makassar, Selasa (21/8/2017). Tak hanya karyawan, warga sekitar juga panik saat mengetahui adanya kejadian tersebut. Bahkan ada yang pergi menjauh untuk mengamankan diri. Pasca kejadian tersebut, mekanik PT Pertamina telah berupaya membetulkan kembali yang menjadi penyebab goyangnya kapsul tersebut. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Di samping pintu akses utama ke depo yang melayani konsumsi BBM dan LPG Se-Sulawesi itu, memang masih terpasang spanduk, perkuangan warga Tamalabba yang menuntut haknya.

Halaman
1234
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help