TribunTimur/

Harteknas

9 Formatur Pilih Bupati Selayar Jadi Ketua Asosiasi Kabupaten Maritim Se-Indonesia

Acara ini dibuka Rabu (9/8/2017) malam oleh Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

9 Formatur Pilih Bupati Selayar Jadi Ketua Asosiasi Kabupaten Maritim Se-Indonesia
dok/pemkab_selayar
Bupati Selayar M Basli Ali saat membacakan visi misi di hadapan peserta Kongres kabupaten Maritim di Hotel Grand Clarion Makassar, Rabu (9/9/2017) 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -- Bupati Selayar M Basli Ali, terpilih jadi Ketua Asosiasi Pemerintahan Daerah Kepulauan dan Pesisir (Aspeksindo), di Hotel Grand Clarion Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (10/8/2017) malam.

Basli terpilih melalui mekanisme kesepakatan  dari sembilan formatur yang merupakan kepala daerah dari Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Bupati Selayar juga masuk tim formatur. Selain Selayar, kepala daerah dan perwakilannya yang jadi formatur antara lain, Pangkep, Bolaan Mongondow, Gorontalo, Sulawesi Barat, Tarakan, Nias, dari Jawa Timur dan Nusa Tenggara.

Baca: Iwan Tjahyadikarta - Inilah Daftar Nama 5 Istri Naga dan Orang Terkaya Indonesia yang Wafat

Pemilihan paguyuban kepala daerah Maritim ini bukan voting, pemilihan, atau proses aklamasi seperti model lumrah pemilihan asosiasi pemerintahan level provinsi, kabupaten, dan kota.

Bupati Selayar dianggap sebagai salah satu penggagas asosiasi yang menghimpun sekitar 200-an kabupaten yang memiliki wilayah administratif laut dan pesisir.

Acara ini juga bertepatan Kongres Nasional Maritim (KOSAMI) yang digagas Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) ini adalah salah satu event dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-22 yang digelar di Makassar.

Acara ini dibuka Rabu (9/8/2017) malam oleh Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan. 

Baca: Buka International Simposium On Marine, Menteri Luhut Binsar Puji Sulsel

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang juga hadir di acara pembukaan, menyatakan kesediannya menjadi Dewan Pembina di paguyuban yang mengkordinasikan potensi, sumber daya alam, dan menyuarakan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat dan provinsi yang memihak ke warga pesisir. (*)

Penulis: Hasrul
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help