FIKP Unhas Gandeng AKKII Terkait Pemanfaatan Karang Hias Berkelanjutan, Apa Saja Itemnya?

Kerja sama ditandatangani oleh Dekan FIKP Unhas Prof Ir Jamaludin Jompa MSc PhD dan Direktur Eksektuf AKKII Indra Wijaya SPi MSi.

FIKP Unhas Gandeng AKKII Terkait Pemanfaatan Karang Hias Berkelanjutan, Apa Saja Itemnya?
handover
Dekan FIKP Unhas Prof Jamaluddin Jompa (ketiga dari kanan) bersalaman dengan Direktur Asosiasi Karang, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKAII) Indra Wijaya usai meneken kerja sama di Kampus Unhas, Rabu (10/8/2017) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan kerja sama dengan Asosiasi Karang, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKAII).

Kerja sama kedua pihak tentang pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengembangan sumber daya ikan hias dan karang. Terutama pemanfaatan karang, kerang dan ikan hias untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat utamanya nelayan konsep berkelanjutan.

Dekan FIKP Unhas Prof Jamaluddin Jompa saat melakukan kerja sama dengan Asosiasi Karang, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKAII), di Kampus Unhas, Rabu (10/8/2017)
Dekan FIKP Unhas Prof Jamaluddin Jompa saat melakukan kerja sama dengan Asosiasi Karang, Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKAII), di Kampus Unhas, Rabu (10/8/2017) (handover)

Kerja sama tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Dekan FIKP Unhas Prof Ir Jamaludin Jompa MSc PhD dan Direktur Eksektuf AKKII Indra Wijaya SPi MSi di Kampus Unhas, Rabu (9/8/2017).

Baca: Ingin Belanja Ikan Hias Cantik? di Sini Tempatnya

Adapun isi tujuan kerja sama kedua pihak adalah untuk melakukan kegiatan yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya laut dan pengembangan produk, karang, kerang dan ikan hias di Indonesia

Kedua perjanjian ini adalah untuk mensinergikan sumberdaya kedua pihak untuk terwujudnya peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya karang, kerang dan ikan hias secara berkelanjutan dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Beragam jenis Terumbu Karang
Beragam jenis Terumbu Karang (illustrasi)

“Kerja sama ini mendukung penelitian untuk para mahasiswa di FIKP Unhas. Terlebih luasnya potensi terumbu karang dan ikan hias di Indonesia sangat besar. Juga merupakan salah satu sumber daya laut yang terbarukan,” ujar Jamaluddin.

Mahasiswa FIKP Unhas dapat melakukan penaltian dan pengamatan terkait pemanfaatan terumbu karang dan ikan hias berdasarkan paraturan nasional dan internasional melalui mekanisme CITES.

Baca: Ditreskrimsus Polda Sulsel Amankan 21 Box Terumbu Karang asal Sulsel di Bali

“Nantinya mahasiswa dapat mengintegrasikan sosial, ekonomi, dan ekologi dengan pendekatan ekosistem berkelanjutan dan dapat memperbiki apabila ada mekanisme yang dikhawatirkan dapat merusak lingkungan. Sebagai konservasi sumberdaya laut,” tambah Jamaluddin.

Halaman
12
Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help