TribunTimur/

Icon Baru Kota Makassar

Ini 9 Fakta Air Mancur Simpang 5 Mandai, Tujuannya Bukan Estetika Belaka

“Pak Camat minta kita warga dan anak muda Mandai ikut jaga, ingatkan pengendara dan pedagang asongan untuk tidak buang sampah di kolam air mancur,

Ini 9 Fakta Air Mancur Simpang 5 Mandai, Tujuannya Bukan Estetika Belaka - makassar_20170808_014011.jpg
Sanovra JR/Tribun Timur
Air mancur di Simpang Lima Sayang, Mandai, Maros, menjadi perhatian pengguna jalan, Sulsel, Senin (7/8). Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel mulai ujicoba air mancur terbesar di Sulsel dalam kolam berdiameter 30 meter ini.
Ini 9 Fakta Air Mancur Simpang 5 Mandai, Tujuannya Bukan Estetika Belaka - makassar_20170808_014144.jpg
Sanovra JR/Tribun Timur
Air mancur di Simpang Lima Sayang, Mandai, Maros, menjadi perhatian pengguna jalan, Sulsel, Senin (7/8). Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel mulai ujicoba air mancur terbesar di Sulsel dalam kolam berdiameter 30 meter ini
Ini 9 Fakta Air Mancur Simpang 5 Mandai, Tujuannya Bukan Estetika Belaka - undepass_20170808_002920.jpg
Handover
Air mancur di Underpass Mandai

MAKASSAR, TRIBUN – Otoritas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulteng) di Makassar, mulai mengujicoba air mancur di bundaran Simpang Lima Sayang, Mandai, di Jl Perintis Kemerdekaan Km 22, Makassar.

“Uji coba pertama malam Sabtu, sebentar ji. Malam Minggu menyala lagi lampunya, anak-anak mulia banyak yang selfie, yang tadi magrib lebih lama,” kata Abdul Haris Achi (43), tokoh pemuda di sekitar Pasar Mandai, Biringkanaya, Makassar, Selasa (8/8/2017) dini hari.

Oleh Camat Biringkanaya Dr Andi Syahrum Makkuradde, M.Si meminta agar warga ikut menjaga keberdaaan ikon baru di batas kota ini.

“Pak Camat minta kita warga dan anak muda Mandai ikut jaga, ingatkan pengendara dan pedagang asongan untuk tidak buang sampah di kolam air mancur, ditakutkan pipanya tersumbat,” kata Achi.

Dia juga meminta agar para pengendara hati-hati di kawasan turn about (bundaran) ini, karena dikhawatirkan airnya meluap. “Apalagi tembok kolam juga tak terlalu tebal,” kata Achi.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Jalan Metropolitan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) VI Sulawesi Selatan Amin Hamid , Senin (7/8/2017), ,menyebut proyek air mancur ini baru uji coba hingga peresmian medio atau akhir Agustus 2017.

"Kita masih ujicoba, jika sudah tidak ada masalah baru kita patenkan operasinya," ujarnya kepada Tribun.

Baca: PSM Menang, Ini Foto Ekspresi WaJah CEO PSM

Berikut 9 Fakta tentang Air Mancur Simpang Sayang Lima Mandai:

  1. SPOT FOUNTAIN: Jalan Perintis Kemerdekaan, Km 22, Kampung Karaeng Bira, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Taman kolam Underpass (bagian dari Taman Proyek Underpass Simpang Lima Mandai)
  2. DIAMETER FoUNTAIN:  + 30 m kedalaman 0,67 m hinga 1 meter
  3. KETINGGIAN MAKSIMUM PANCURAN: 7,5 m hingga 10 m 
  4. Air mancur di Simpang Lima Sayang, Mandai, Maros, menjadi perhatian pengguna jalan, Sulsel, Senin (7/8). Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel mulai ujicoba air mancur terbesar di Sulsel dalam kolam berdiameter 30 meter ini.
    Air mancur di Simpang Lima Sayang, Mandai, Maros, menjadi perhatian pengguna jalan, Sulsel, Senin (7/8). Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel mulai ujicoba air mancur terbesar di Sulsel dalam kolam berdiameter 30 meter ini. (Sanovra JR/Tribun Timur)
  5. DURASI PEMBANGUNAN: 5 Bulan Mulai Februari 2017
  6. KONTRAKTOR: PT Adhy Karya Jo PT Wijaya Karya (main contractor proyek underpass)
  7. GRADASI WARNA: 4 jenis warna dalam dua detik; hijau, ungu, merah dan biru.
  8. TUJUAN AIR MANCUR: Selain estetika, Kolam air mancur berdiameter 30,01 ini juga untuk mengurai kemacetan dari lima arah jalan. “Turn about ini untuk memecah kebuntuan lima arus horizon,” kata Deputy Project Manager PT Adhi Karya jo PT Wijaya Karya Rizki Jatiwasesa, saat penerjaan kolam Maret 2017.
  9. INSPIRASI DESAIN: Kolam bundaran Simpang 5 ini meniru konsep Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat. *
Penulis: Sanovra Jr
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help