Kenali 5 Isyarat dan Perilaku Orang Dekat yang Berpotensi Bunuh Diri

Biasanya orang yang akan bunuh diri memberi isyarat kepada orang di sekitarnya. Tapi, kita cenderung abai dengan signal yang mereka tunjukkan

Kenali 5 Isyarat dan Perilaku Orang Dekat yang Berpotensi Bunuh Diri
TRIBUN TIMUR/ HASRUL
Dr Asniar Khumas MSi, Psikolog UNM 

TRIBUN-TIMUR.COM , MAKASSAR - Psikolog Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr Asniar Khumas SPsi MSi, mengurai beberapa perilaku orang di sekitar kita yang patut diwaspadai. Aneka perilaku itu disebut berpotensi menggiring seseorang ke keputusan bunuh diri.

Menurut Dosen Fakultas Psikologi Bagian Klinis UNM itu, bunuh diri adalah fenomena biasa dalam proses perkembangan, khusususnya masyarakat kota-kota besar.

“Kalau kita periksa angka statistik bunuh diri, itu pasti meningkat dari waktu ke waktu,” katanya kepada Tribun-Timur.com, Senin (31/7/2017).

Berikut beberapa perilaku yang berpotensi menjurus ke bunuh yang diurai Dr Asniar:

1. Orang tertekan atau merasa tertekan
Bunuh diri bisa karena orang sudah tidak merasakan ada harapan dalam hidupnya, bukan sekadar karena tekanan hidup. Terlalu berat ujian yang ia dapatkan menurut persepsi dia, sehingga merasa tak ada lagi jalan keluar hingga putus asa dan merasa tak ada lagi harapan.

2. Orang yang sudah malu atau dipermalukan
Selain itu, penyebabnya juga bisa karena memiliki masalah yang menimbulkan rasa malu luar biasa bagi dirinya. Misalnya perempuan, biasanya salah satu penyebab berkaitan dengan hubungan dengan lawan jenis.

Ketika dia sudah menyerahkan segalanya kepada lelaki, misalnya keperawanan lalu ditinggal, di situlah ia bisa memutuskan untuk bunuh diri karena malu dan tidak siap.

3. Menarik diri dari pergaulan
Biasanya orang yang mulai menunjukkan tanda-tanda menarik dan menutup diri dari lingkungan, itu harus hati-hati punya potensi untuk melakukan bunuh diri.

4. Sakit Berat
Bunuh diri itu bisa diputuskan oleh orang yang mengalami sakit berat. Orang ini merasa tidak ada harapan lagi untuk sembuh dari penyakitnya.

5. Memberi isyarat atau bahasa-bahasa akan pergi
Biasanya orang yang akan bunuh diri memberi isyarat dan tanda kepada orang di sekitarnya. Hanya saja, karena faktor kesibukan dan ketidakpedulian sehingga signal yang dia sampaikan tidak diperhatikan.

Biasanya orang yang melakukan bunuh diri tidak serta merta begitu saja. Jadi proses interaksi antarmanusia itu, kita diminta untuk memperhatikan orang yang ada di sekitar kita.

Kalau misalnya ada orang yang periang tapi tiba-tiba berubah, itu salah satu warning bagi kita.
Perhatian atau dukungan sosial itu penting bagi setiap manusia, sehingga ia tidak memutuskan mengambil langkah keliru untuk mengakhiri hidupnya.(*)

BACA SELENGKAPNYA DI TRIBUN TIMUR CETAK EDISI SELASA, 1 AGUSTUS 2017

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved