TribunTimur/

Ini Objek Wisata Baru di Tana Toraja, Namanya Tongkonan Karuaya

Tongkonan Karuaya, berada di bagian timur dari Ibu Kota Tana Toraja Makale, Lembang atau Desa Tumbang Datu, Kecamatan Sangalla Utara, Tana Toraja.

Ini Objek Wisata Baru di Tana Toraja, Namanya Tongkonan Karuaya
yultin/tribuntoraja.com
Pelari Toraja Marathon saat melintas di Tongkonan Karuaya. 

TRIBUNTORAJA.COM, SANGALLA UTARA - Satu lagi destinasi wisata baru Toraja yang dapat membuat wisatawan lebih mengenal tentang adat istiadat dan budaya Toraja yang unik dan tiada duanya.

Objek wisata baru ini yakni jajaran rumah adat Toraja atau disebut Tongkona Karuaya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja, telah menetapkan Tongkonan Karuaya sebagai destinasi wisata perkampungan adat.

"Wisatawan ke Toraja ingin tahu dan lihat lebih dekat tentang adat Toraja, yang penuh dengan misteri dan keunikannya," ujar Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, kepada TribunToraja.Com, Selasa (1/8/2017) sore.

Tongkonan Karuaya, berada di bagian timur dari Ibu Kota Tana Toraja Makale, Lembang atau Desa Tumbang Datu, Kecamatan Sangalla Utara, Tana Toraja.

Di Tongkonan bersejarah ini berdiri dua unit Tongkonan dengan jajaran tanduk kerbau dan diperkirakan telah berumur ribuan tahun yang lalu.

Di halaman Tongkonan ini berdiri berjajar lumbung padi atau

"Fokus Pemkab Tana Toraja dalam mengelola pariwisata ada pada tatanan adat dan budaya Toraja," ungkap Nicodemus Biringkanae.

Konon Tongkonan ini merupakan saksi peradapan agama lokal Toraja atau Aluk To' dolo.

Keindahan Tongkonan ini makin nyaman dinikamati mata wisatawan dengan hamoaran sawah yang luas dan alami milik masyarakat sekitar.

Jarak objek wisata baru ini dari Kota Makale sekitar delapan kilometer, dengan akses jalan yang beraspal dan lebar.

Bagi anda yang hendak berkunjung dapat menggunakan anggutan umum dengan biaya Rp. 15 ribu, atau menggunakan jasa ojek motor dengan tarif Rp. 30 ribu sekali jalan.

Juga dapat menggunakan mobil rental yang ada di Kota Makale dengan biaya sewa Rp. 350 ribu per hari, dan rental motor dengan sewa Rp. 200 ribu per hari.

Pelari Toraja Marathon pun juga ikut takjub akan Tongkonan Karuaya ini, dan mengabadikannya saat mereka melintas di tempat wisata baru Tana Toraja ini.

Penulis: Yultin Rante
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help