Konsultasi Kesehatan

Saat Sikat Gigi, Ada Lendir di Tenggorokan dan Ingin Muntah, Ini Penyebabnya

Jika seseorang memiliki viskositas saliva yang tinggi (kental) ini menunjukkan dominasi sel mukus dan mengindikasikan ada kelainan

Saat Sikat Gigi, Ada Lendir di Tenggorokan dan Ingin Muntah, Ini Penyebabnya
shutterstock
ilustrasi rajin sikat gigi yang baik

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Selamat pagi Dokter, Saya mau tanya, kenapa saya setiap gosok gigi kurang dari satu menit ada air liur yang mengental ataukah itu lendir pada tenggorokan dan itu menyebabkan pingin muntah, padahal semasa sekolah (kecil) tidak ada hal seperti itu terjadi. terima kasih.

+6281343869xxx

Kelainan Saliva

Air liur atau dalam bahasa medis disebut juga saliva adalah suatu cairan oral yang kompleks dan tidak berwarna yang dihasilkan dalam rongga mulut manusia.

Volume, sekresi dan komposisi saliva pada setiap orang dapat berbeda begitupula dengan kekentalan (viskositas saliva) yang antara lain disebabkan oleh faktor; jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, terapi radiasi kepala dan leher, umur, jenis kelamin, kondisi biologis, penyakit tertentu, dehidrasi, udara kering, merokok dan obat-obatan.

Syarat viskositas saliva normal yaitu tidak kental sehingga mirip seperti air. Apabila viskositas saliva meningkat, komposisi air dalam saliva menurun dan ini akan menyebabkan saliva menjadi lebih kental.

Peningkatan viskositas saliva akan menyebabkan gangguan bicara dan penelanan. Jika seseorang memiliki viskositas saliva yang tinggi (kental) ini menunjukkan dominasi sel mukus dan mengindikasikan ada kelainan pada saliva seperti hiposalivasi, sinusitis, xerostomia, candidiasis, faringitis, laringitis, gangguan endokrin dan lain-lain.

Apabila penyebab air liur menjadi kental akibat gangguan hormonal sementara, dalam kasus tersebut, tidak perlu bantuan obat-obatan, dan sekresi alami dari air liur akan membaik setelah beberapa waktu.

Untuk memahami lebih lanjut penyebab disfungsi saliva konsultasi dokter gigi dan interna mungkin diperlukan. Diagnosis yang tepat dari penyebab yang mendasari dapat menetapkan metode pengobatan yang benar yang akan menyebabkan normalisasi bertahap dari kelenjar ludah.

Dokter Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial Dr drg M Ruslin MKes SpBM

Penulis: Hasrul
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help