TribunTimur/

Alami Broken Home, Gadis Soroako Ini Lahirkan Empat Buku

"Saat itu saya broken home, dan menulis kisah-kisah itu dan jadilah sebuah buku pada 2014," katanya

Alami Broken Home, Gadis Soroako Ini Lahirkan Empat Buku
HANDOVER
Cheteerin Moko

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Cheteerin Moko tidak setenar Aan Masnyur atau Faisal Oddang dengan karya pusi dan cerpennya yang telah mendapat simpatik dari pegiat sastra Tanah Air.

Namun terkait produktivitas dalam melahirkan karya buku motivasi, setebal rata-rata 170 halaman, perempuan kelahiran Sorowako ini patut diacungi jempol. Lima tahun terakhir, ia merilis empat buku.

Sebut saja, Broken Home (2013), Sepayung Berdua (2014), Karena Hidup Itu Indah (2015), dan Setiap Hati Pernah Patah (2017).

Baca: Layanan Penerbangan Komersial Bandara Soroako Ditunda, Ini Kendalanya

Luas biasanya, perempuan kelahiran 1994 silam itu, mulai menuliskan buku kala ia mengalami broken home.

"2012 saya mulai hobi menulis. Pas saat keluarga saya dirundung masalah. Saat itu saya broken home, dan menulis kisah-kisah itu dan jadilah sebuah buku pada 2014," kata Cheteerin saat ditemui di sela meet & greet di halaman Tribun Timur Jl Cenderawasih No 430 Makassar yang dihelat Gramedia.

Isi bukunya merupakan kisah nyata. Entah itu pengalaman pribadinya, kisah teman-temanya, atau sanak saudarahnya.

"Buku ini berisi motivasi. Saya menempatkan diri saya sebagai teman curhat, dan pendengar yang baik. Tiba di mana saya memberi saran, solusi, dan pandangan terhadap permasalahan itu," kata mahasiswi Stmik Akba Jurusan S1 Sistem Informasi.

Karena karyanya ini, Instagram, Line, dan Facebook pribadinya diikuti banyak penggemarnya. "Sering bikin quote dari buku. Lalu aku share di medsos. Aku juga buat grup namanya Broken Home Indo. saat ini pengikutnya hingga 60 ribu. Rencananya Agustus nanti aku ke Jakarta bertemu dengan para anggota grup itu," katanya.

Dari penjualan empat bukunya tersebut, ia mendapat benefit yang sangat membantu kehidupannya kini. "Bisa biayai kuliah, makan minum sehari-hari, belanja perlengkapan kampus, yah lumayanlah pokoknya," ujar karyawati Graha Media itu. (*)

Biodata:
Nama : Chatreen Moko
TTL : Sorowko/31 Januari 1994
Tinggal : Makassar
Kuliah : Stmik Akba Jurusan S1 Sistem Informasi
Kerja : Karyawati Graha Media
Karya :
1. Buku Broken Home (2013)
2. Buku Sepayung Berdua (2014)
3. Buku Karena Hidup Itu Indah (2015)
4. Buku Setiap Hati Pernah Patah (2017)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help