TribunTimur/
Home »

Gowa

Pemkab Gowa Pangkas Anggaran Pendidikan Gratis Rp 2 M

Kepala Disdik Gowa, Dr Salam mengatakan jika sebelumnya anggaran pendidikan gratis setiap tahun mencapai Rp 13,7 M, kini hanya Rp 11 M.

Pemkab Gowa Pangkas Anggaran Pendidikan Gratis Rp 2 M
Wa Ode Nurming/Tribun Timur
Kepala Dinas Pendidikan Gowa dr Salam 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA – Dinas Pendidikan Gowa terpaksa harus memangkas anggaran pendidikan gratis hingga Rp 2 M.

Pemangkasan ini dilakukan setelah segala kepengurusan sekolah menengah atas (SMA/SMK) diambil alih oleh pihak Diknas Provinsi Sulsel.

Kepala Disdik Gowa, Dr Salam mengatakan jika sebelumnya anggaran pendidikan gratis setiap tahun mencapai Rp 13,7 M, kini hanya Rp 11 M.

“Nilai itu untuk anggaran sekolah tingkat dasar (SD) sebesar Rp 6,65 M dan SMP  Rp 4,27 M,” katanya Kamis (13/7/2017).

Dan lagi kata dr. Salam, tak ada lagi sharing anggaran dari yang sebelumnya 60% dari provinsi dan 40% ditanggung oleh kabupaten.

Untuk anggaran SD mengcover Rp 3.250 persiswa sedangkan untuk SMP Rp 3.500 persiswa. Anggaran ini diyakini mampu menjangkau semua kebutuhan.

"Saat ini belum ada pengusulan tambahan anggaran. Yang jelas pendidikan gratis tetap berjalan dengan baik di Kabupaten Gowa,” katanya lagi.

Apalagi lanjutnya belum ada revisi perda pendidikan gratis yang menjadi payung hukum bagi pemkab untuk mengucurkan anggaran hingga tingkat SMA.

“Pembicaraan kearah itu belum ada, harus ada pembicaraan antara legislatif dan eksekutif. “.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Gowa Asriady mengatakan, anggaran pendidikan gratis pasti akan menurun karena SMA sederajat bukan lagi kewenangan kabupaten.

“kan memang sudah tidak di kabupaten lagi, baik dalam bentuk kebijakan maupun penganggaran. Kita berharap saja kedepannya dana pendidikan gratis yang dikucurkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan didaerah ini,” ujarnya.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help