TribunTimur/

Mahasiswa Unhas Ingin Kembangkan Industri Stroberi di Malino

Mencoba menerapkan teknologi kultur jaringan dari stolon untuk diuji dalam kegiatan inisasi produksi benih

Mahasiswa Unhas Ingin Kembangkan Industri Stroberi di Malino
Sanovra JR/tribun-timur.com
Perkebunan stroberi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Berawal dari kunjungan jalan-jalan ke kota bunga Malino, Kabupaten Gowa mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) tertarik bertandang ke beberapa kebun stroberi yang terpajang berjejer di sepanjang kawasan wisata malino.

Sambil mencicipi buah stroberi dan menikmati indahnya hamparan barisan polybag yang berisikan tanaman stroberi dengan buah merahnya yang mengggantung terurai pada pot plastik hitam (polybag), para mahasiswa merasakan beberapa nikmatnya kesegaran buah stoberi milik petani.

Baca: Ini Hebatnya Stroberi untuk Kecantikan, Sel Bibir Gelap pun Dikupas

Dari kunjungan tersebut mahasiswa Unhas tidak menyiakan-nyiakan kesempatannya, merekapun berdiskusi dengan beberapa petani pengelola kebun wisata stroberi.

Mereka menggali informasi dan mendapatkan curhatan petani bahwa prospek pengembangan kebun stroberi di Malino sangat bagus, namun untuk memperoleh bibit berkualitas sangat susah.

Sehingga petani terpaksa mengembangkan bibit stroberi dengan mengambil anakan dari pertanaman yang sudah ada saja, konsekuensinya bibit yang digunakan petani seadanya dan tidak bermutu.

Pengalaman petani menunjukkan bahwa bibit yang diambil dari anakan pertanaman kualitasnya biasanya saja, bahkan membutuhkan pemeliharaan dan perawatan yang ekstra intensif, karena mudah terserang hama penyakit, dan produktivitasnya juga baisa saja (kurang optimum), sehingga keuntungan petani juga tidak maksimal.

Dari data tersebut timbul isnpirasi mahasiswa Unhas untuk mencoba menerapkan teknologi kultur jaringan dari stolon untuk diuji dalam kegiatan inisasi produksi benih supaya mendapatkan bibit yang lebih bermutu.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa Unhas bertekad menerapkembangkan hasil kegiatannya nanti di masa yang akan datang agar industri pembibitan stroberi mampu berkontribusi dalam mengembangkan usahatani stroberi di Indonesia.

Ringkasan penelitian:

Halaman
123
Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help