TribunTimur/

Hadiri Lomba Parade Cinta Tanah Air, Begini Pesan Gubernur Sulbar

Kegiatan lomba parade cinta tanah air tersebut merupakan wujud nyata komitmen dalam menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme

Hadiri Lomba Parade Cinta Tanah Air, Begini Pesan Gubernur Sulbar
nurhadi/tribunsulbar.com
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pada acara Lomba Parade Cinta Tanah Air di Kantor Gubernur Sulbar, Jl. Abd Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro,Mamuju, Sulbar, Selasa (11/7/2017). 

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Jangan sama sekali lupakan sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, karena dengan sejarah bisa menumbuh kembangkan jiwa patriotisme dan kesadaran bela negara dalam diri kita.

Demikian kata Bung Karno yang dikutip oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pada acara Lomba Parade Cinta Tanah Air di Kantor Gubernur Sulbar, Jl. Abd Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro,Mamuju, Sulbar, Selasa (11/7/2017).

Kegiatan yang di laksanakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Barat ini, rencananya akan berlangsung selama dua hari 11-12 Juli 2017 dan diikuti oleh para mahasiswa dan pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se Sulbar.

Kegiatan lomba parade cinta tanah air tersebut merupakan wujud nyata komitmen dalam menumbuh kembangkan jiwa nasionalisme, persatuan dan kesatuan.

ABM mengatakan, melalui kegiatan parade cinta tanah air tersebut, para mahasiswa dan pelajar SLTA sebagai generasi muda, diharapkan mampu menumbuh kembangkan kemampuan bakat dan minat, serta berargumen secara lisan dan mampu mengekspresikan pemikiran dan pengetahuannya, dalam rangka membentuk karakter bangsa yang memiliki kesadaran bela negara.

Mantan Bupati Polman tersebut juga menyampaikan, kemerdekaan yang nikmati sekarang bukanlah hadiah dari bangsa lain, akan tetapi merupakan hasil perjuangan dari para pahlawan kita, sehingga sepatutnya kita selalu tanamkan jiwa kebangsaan kita.

“Kita harus sadar dan paham tentang hidup berkebangsaan, jangan terlalu mudah melihat dari luarnya saja, akan tetapi perlu kita pelajari dahulu, bagi yang masih di SLTA dan mahasiswa, saya inginkan konsentrasikanlah dulu pada pelajaran yang dipelajari, jangan ikut dalam politik atau yang lainnya, karena belum saatnya,” tandas ABM.

Kepala Pejabat Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok Kementrian Pertahanan Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Kolonel Rudianto, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan surat perintah Dirjen strategi pertahanan tertanggal 15 Mei 2017 tentang program kegiatan lomba parade cinta tanah air tingkat daerah tahun anggaran 2017.

“Semangat patriotisme harus tertanam didalam diri setiap sanubari warga Negara Indonesia, sehingga kita berharap melalui kegiatan ini itu dapat terwujud dari generasi kita,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Juniar Jabbar dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam rangka membentuk generasi penerus Bangsa yang mengerti dan yakin akan hak dan kewajibannya dalam upaya bela Negara, maka Kementrian Pertahanan Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan parade cinta tanah air tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat dan Perguruan Tinggi se Sulawesi Barat ini.

“Tujuannya adalah untuk menanamkan dan meningkatkan jiwa Cinta tanah air serta kesadaran bela Negara kepada mahasiswa dan pelajar SLTA sederajat se Sulawesi Barat,” katanya.

Kegiatan yang mengusun tema “Dengan semangat bela negara generasi muda mampu mengatasi pengaruh radikalisme, terorisme, dan pengaruh negatif, media serta bahaya narkoba” ini, diikuti 80 orang peserta yang terdiri dari 16 tim atau sebanyak 32 orang mahasiswa, SLTA sebanyak 24 tim dan atau 48 orang.

Kegitan tersebut juga dihadiri Danrem 142 Tatag Mamuju Kol Infantri Taufiq Sobri, Kepala Pejabat Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok Kementrian Pertahanan Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Barat Kolonel Rudianto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar Andi Syukri Tammalele, Kadispora Provinsi Sulbar, Herdin Ismail, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulbar Rahmat Sanusi, Guru dan peserta lomba dan sejumlah undangan yang hadir.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help