10 ‘’Buah’’ Wajib Ramadan & Hidup

Setiap ‘’buah’’ Prof Hendra Chanda jelaskan dengan landasan Al Quran dan hadis. Seseorang berotak genius, tetap saja bodoh jika tidak belajar

10  ‘’Buah’’  Wajib  Ramadan & Hidup
dok.tribun
M Dahlan Abubakar

M Dahlan Abubakar
Warga Kompleks Unhas Bangkala
Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, Prof Dr Drg Hendra Chanda MKes, menawarkan 10 ‘’buah’’ yang wajib dimakan selama Ramadan, bahkan selama hidup di dunia. Tetapi, jangan membayangkan buah-buah itu layaknya yang banyak dijual di pasar dan langsung bisa dikonsumsi.

“Ada sepuluh buah yang wajib kita makan selama bulan Ramadan, bahkan selama kita hidup di dunia ini,” ujar maha guru FKG Unhas itu ketika membawakan ceramah subuh singkat di Masjid Amirul Mukminin Kompleks Unhas, Makassar, Sabtu (27/5/2017).

Ke-10 ‘’buah’’ dimaksud adalah singkatan dari pesan-pesan religius. Yakni:
1. Markisa: Mari kita sabar
2. Stroberi: Selalu instrospeksi belajar rendah diri
3. Salak: Selalu baik dalam bertindak
4. Jeruk: Jangan berbuat buruk
5. Pisang: Pantang iri, sombong, dan angkuh
6. Anggur: Anda gemar bersyukur
7. Melon: Menolong orang lain
8. Tomat: Tobat sebelum mati
9. Talas: Tidak ada kata malas
10.Mentimun: Menuntut ilmu tidak banyak melamun

Setiap ‘’buah’’ Prof Hendra Chanda jelaskan dengan landasan di dalam Al Quran dan hadis. Khusus mengenai menuntut ilmu, dia mengatakan, seseorang sekalipun dianugerahi otak yang genius, tetap saja selamanya akan bodoh, bila ia tidak mau belajar atau menuntut ilmu.

Dia menutup ceramah subuhnya yang sekitar 15 menit itu dengan mengutip ucapan mendiang Prof Dr Haji Abdul Malik Karim Amirullah (HAMKA) yang berkata, “Ilmu itu tiang kesempurnaan akal. Bertambah luas akal, bertambah luaslah hidup, bertambah datanglah bahagia. Bertambah sempit akal, bertambah sempit pula hidup, bertambah datanglah celaka. Iman tanpa ilmu sama dengan pelita di tangan bayi, sedangkan ilmu tanpa iman bagaikan pelita di tangan pencuri.”(*)

Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved