TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Puluhan Peserta Ikut Tes Masuk Ma'had Aly As'adiyah Sengkang, Ada dari Kalimantan dan Sumatera

50 orang peserta yang dinyatakan lulus tes berhak mengikuti pendidikan kader ulama di Ma'had Aly As'adiyah

Puluhan Peserta Ikut Tes Masuk Ma'had Aly As'adiyah Sengkang, Ada dari Kalimantan dan Sumatera
CITIZEN REPORTER
Ma'had Aly As'adiyah Sengkang menggelar ujian seleksi bagi calon mahasiswa/mahasantri baru, Sabtu (20/5/2017 di kampus baru Ma'had Aly jalur 2 Jln. Andi Unru Desa Ujung Baru Kec. Tanasitolo. 

Citizen Reporter: Hasmulyadi Hasan (Pembina Ma'had Aly As'adiyah)

TRIBUN-TIMUR.COM -Menghadapi tahun akademik 2017/2018, Ma'had Aly As'adiyah Sengkang menggelar ujian seleksi bagi calon mahasiswa/mahasantri baru, sabtu (20/5/2017).

Tempat pelaksanaan ujian masuk dipusatkan di kampus baru Ma'had Aly jalur 2 Jln. Andi Unru Desa Ujung Baru Kec. Tanasitolo. Ujian masuk tahun sebelumnya dilaksanakan di Gedung Pengurus Besar As'adiyah jl Veteran Sengkang.

Sekitar 74 peserta turut berkompetensi dalam ujian masuk Ma'had Aly. Mereka berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan sekitarnya, bahkan ada yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan.

Baca: Alumni Ponpes Asadiyah Akan Bangun Perguruan Tinggi

Menurut panitia pelaksana, Aswar Rifain, ada 85 orang yang mengambil formulir namun yang mengembalikan sekitar 75. Sedangkan satu orang batal mengikuti ujian.

"Mahasantri yang akan diterima tahun ini di Ma'had Aly 50 orang, jadi ada 24 orang yang akan gugur dalam ujian tes masuk", lanjutnya.

50 orang peserta yang dinyatakan lulus tes berhak mengikuti pendidikan kader ulama di Ma'had Aly As'adiyah yang merupakan salah satu di antara 13 Ma'had Aly formal di seluruh Indonesia.

Ada 6 jenis tes yang wajib diikuti oleh setiap peserta yaitu: Tes tulis, Bahasa Arab, baca kitab kuning, tajwid, wawasan keagamaan dan wawancara.

Dalam arahannya dalam pembukaan ujian tes Dr KM H Muhyiddin Tahir M Th I menjelaskan, lulusan Ma'had Aly As'adiyah akan menjadi penghafal Al-Qur'an sekaligus ahli tafsir.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help