TribunTimur/

VIDEO: Begini Suasana Penanaman 10 Ribu Bibit Cabe di Toraja Utara

Data yang diterima TribunToraja.Com, dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Toraja Utara, untuk harga cabe stabil diharga Rp. 5 ribu per kilogram.

TRIBUNTORAJA.COM, KESU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara membagikan 80 ribu bibit tanaman cabe kepada masyarakat.

Penanaman secara simbolis dilakukan Bupati Toraja UtaraKalatiku Paembonan di kebun pertanian Buntu Asa, Kelurahan Panga, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Jumat (19/5/2017) siang.

"Pelan dan perlahan kita akan jadikan Toraja Utara ini swasembada hortikultura dan pangan," ujar Kalatiku Paembonan, kepada TribunToraja.Com, disela penanaman ini.

Selain cabe, Dinas Pertanian Toraja Utara juga menyebarkan dan menanam tanaman tomat sebanyak 40 ribu.

"Harga cabe dan tomat di Toraja Utara stabil, karena jika cabe yang umum naik, masyarakat beralih ke cabe khas Toraja atau disebut Lada Katongkon," ungkap Kalatiku.

Data yang diterima TribunToraja.Com, dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Toraja Utara, untuk harga cabe stabil diharga Rp. 5 ribu per kilogram.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara Daud Pongsapan, melaporkan ada enam kecamatan yang akan dijadikam sentaral produksi cabe.

"Para peyuluh pertanian juga kami perintahkan agar terjun langsung bersama personel Kodim 1414 Tana Toraja untuk menjadikan enam kecamatan ini jadi pusat produksi," kata Daud.

Keenam Kecamatan ini yakni Buntao, Sopai, Bangkelekila, Sesean, Tikala, dan Denpina.

Penulis: Yultin Rante
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help