TribunTimur/

PM Bulukumba Desak Pemkab Bentuk Perda Perlindungan Anak

Bakri Abubakar mengatakan, kekerasan terhadap anak beberapa tahun terakhir ini khususnya di Bulukumba sangat memperihatinkan.

PM Bulukumba Desak Pemkab Bentuk Perda Perlindungan Anak
HANDOVER
Bakri Abubakar

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN-TIMUR.COM, BULUKUMBA - Pemuda Muhammadiyah (PM) Bulukumba, mendesak Pemkab Bulukumba untuk segera membentuk Perda Perlindungan Anak.

Ketua PM Bulukumba Bakri Abubakar mengatakan, kekerasan terhadap anak beberapa tahun terakhir ini khususnya di Bulukumba sangat memperihatinkan.

Baca: Banjir di Depan Rumah Ketua PP Bulukumba

Berbagai bentuk kekerasan seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, penganiayaan, penelantaran dan lainnya.

"Bayangkan saja data dua tahun terakhir ini terdapat 92 orang di 2015 dan 96 orang di 2016 kasus kekerasan anak sebagai korban. Ini kita sangat sayangkan makanya kami minta Pemkab segera buatkan Perda Perlindungan Anak," kata Bakri Abubakar, Jumat (19/5/2017).

Baca: Inilah Anwar, Pria yang Bunuh Pamannya di Bulukumba

Tingginya kekerasan anak di Bulukumba, maka pemuda muhammadiyah Bulukumba minta pemkab mendorong peraturan daerah terkait perlindungan anak.

Peraturan ini diharapkan mampu menanggulangi dan menangani korban kekerasan terhadap anak. Selain itu kewajiban pemda dalam pemenuhan hak asasi bisa terpenuhi.

Pemkab tidak boleh lepas tangan dan memberikan pembiyaran. Dalam UUD 1945 (amandemen) pasal 28B ayat (2) disebutkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Anak adalah generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis yang diharapkan menjamin eksistensi bangsa dan daerah Bulukumba di masa depan. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help