TribunTimur/
Home »

Maros

LSM LIRa Maros Fokus Awasi Proyek di Desa, Ini Alasannya

Apalagi selama ini, beberapa lembaga lainnya hanya fokus melakukan pengawasan di sekitar kota Maros.

LSM LIRa Maros Fokus Awasi Proyek di Desa, Ini Alasannya
TRIBUN TIMUR/ANSAR
Bupati LIRa Muh Amri saat berada di warkop 89 Jl Pettarani, Maros. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRa) Maros, tahun ini mengencarkan pengawasan terhadap semua proyek yang sementara berjalan di Maros.

Bupati LIRa Muh Amri mengatakan, Jumat (19/5/2017) pengawasannya tersebut difokuskan ke daerah yang berjauhan dari Kecamatan Turikale.

Hal ini dilakukannya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran atau tindak pidana korupsi.

Apalagi selama ini, beberapa lembaga lainnya hanya fokus melakukan pengawasan di sekitar kota Maros.

"Tahun ini, LIRa fokus melakukan pengawasan di daerah yang berjauhan dengan pusat kota. Kita harus perketat pengawasan di daerah pedesaan," katanya saat ditemui di warkop 89 Jl Pettarani Maros.

Amri menilai, para oknum leluasa permainkan anggaraan proyek yang dikerjakan di Desa. Pasalnya, pengawasanya tidak terlalu ketat.

Proyek di daerah kota tidak perlu terlalu diawasi. Pasalnya, oknum juga berfikir untuk melakukan korupsi dan kualiatas banguannya diutamakan.

"Yang perlu diawasi adalah pekerjaan yang ada di desa. Apalagi daerah yang sulit dijangkau. Jadi oknum leluasa bermain karena tidak ada yang awasi. Kalau di kota, banyak masyarakat yang mengawasi proyek," katanya.

Amri telah menyebar anggotanya di setiap Kecamatan untuk memantau proyek yang berjalan. Jika ada dugaan terjadinya pidana korupsi, dia segera melaporkannya.

"Anggota saya tidak menampakkan diri. Kami minta supaya tidak ada yang menggunakan atribut lembaga. Jadi kalau ada yang kami curigai bermain, kami laporkan ke Kejaksaan atau Polres," katanya.

LIRa Maros sudah melakukan perombakan pengurus. Sejumlah pengurus yang direkrutnya, termasuk baru bergabung di LSM.

"Anggota saya tidak ada yang tahu. Semua wajah baru. Tidak ada yang kenal kalau itu orang lembaga," katanya.

Amri meminta kepada kontraktor supaya mengerjakaan proyeknya sesuai dengan spesifikasi dan anggaran yang disediakan. (*)

Penulis: Ansar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help