TribunTimur/

Tim Pendamping Desa Sinjai Fokus ke Pemberdayaan Masyarakat

Beberapa waktu lalu, mereka bersama dengan tim dan pendamping desa sudah melakukan upaya percepatan penetapan APBDes tahun 2017

Tim Pendamping Desa Sinjai Fokus ke Pemberdayaan Masyarakat
HANDOVER
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Sinjai, Abd Halik membicarakan program ke Bupati Sinjai Sabirin Yahya

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

SINJAI, TRIBUN - Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan pendampingan secara sinergis dengan melibatkan beberapa SKPD serta stakeholder dari unsur masyarakat.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Abd Halik dalam siaran persnya ke TribunSinjai.com, Kamis (18/5/2017) bahwa pendampingan yang dilakukannya secara sinergis diarahkan untuk lebih memberdayakan aparat pemerintah dan masyarakat desa dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan di desanya secara akuntabel.

“Pendampingan ini fokus pada tiga hal pokok, yaitu percepatan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2017, Pemutakhiran data potensi desa, Penyelesaian Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, serta Penataan dan penetapan kewenangan desa”, jelas Abd Halik.

Beberapa waktu lalu, mereka bersama dengan tim dan pendamping desa sudah melakukan upaya percepatan penetapan APBDes tahun 2017 dengan menambah jam dan hari kerja, tetapi karena masih terdapat beberapa desa yang belum dapat menyelesaikannya, maka dengan sinergitas itu harus kembali melakukan upaya ekstra, termasuk sidak ke desa-desa dengan melibatkan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.

Kegiatan ini sudah mulai menunjukkan hasil dengan ditetapkannya APBDes pada beberapa desa disertai dengan pemasangan media transparansi anggaran di setiap kenator desa, menyusul pemutakhiran dan pembaharuan data potensi desa, serta identifikasi dan inventarisasi kewenangan desa, jelas Abd Halik. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help