TribunTimur/

Peringatan Pakar Linguistik Unhas: Selektiflah Gunakan Teori Barat!

masalah sosial budaya kita dengan di Barat itu berbeda, sehingga ada tipikal-tipikal teori yang tidak bisa serta merta digunakan.

Peringatan Pakar Linguistik Unhas: Selektiflah Gunakan Teori Barat!
facebook
M Dahlan Abubakar Eks Kepala Humas dan Protokol Unhas Melaporkan dari Makassar

Citizen Reporter
M Dahlan Abubakar
Eks Kepala Humas Unhas
Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Banyak teori yang bersumber dari Barat diadopsi di Indonesia untuk melihat suatu realitas permasalahan yang muncul. Namun, tidak semua teori yang berasal dari Barat itu bisa diterapkan dalam kondisi masyarakat Indonesia.

“Kita harus selektif menggunakan teori-teori Barat tersebut, sebab ada yang tidak sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia,” papar Prof Dr Abd Hakim Yassi MA pada Seminar Nasional Linguistik (Semiotik) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas yang berlangsung sehari di Aula Prof Mattulada Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Rabu (17/5/2017) .

Hakim Yassi yang kini menjabat Rektor Universitas Satria (Unsat) Makassar tersebut mengajak peserta seminar melihat teori-teori yang bersumber dari Barat itu yang cocok dengan situasi dan kondisi Indonesia. Sebab, masalah sosial budaya kita dengan di Barat itu berbeda, sehingga ada tipikal-tipikal teori yang tidak bias serta merta digunakan.

“Demikian halnya dalam tindak tutur dan kesantuan, sangat ditentukan oleh variable sosial yang berkembang di dalam masyarakat,’’ ujar Hakim Yassi yang tampil bareng dengan Prof Drs Burhanuddin Arafah MHum PhD, Prof Dr Tadjuddin Maknun SU, dan Prof Dr Nurgiantoro dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan dipandu Dr Nunding Ram MEd.

Ketua Panitia Seminar Dr Nurhayati MHum, menjelaskan, kegiatan tersebut juga menampilkan sejumlah pemakalah, yakni Fr Frans Asis Datang MHum, Prof Dr Moses Usman MS, Dr Nurhayati MHum, Dr Herlinah Sahib MHum, Arif Budi Prasetya, dan Ika Rizki Yustisia (Universitas Brawijaya Malang).

Tampil juga Supriadi dan Rosnita dari UKI Toraja, Mahfuddin dan Arham, Besse Tenri Rawe, Pammuda, Bahar Akkase Teng (Unhas), Gusnawati dan Sarnia (Unhas), Hj Indrawati SS MHum, Nurhaedar SKom MM (Polmas), Fatimah (STAIN Watampone), Anin Asnidar, Khadijah Maming dan Radiah, serta Prof Dr Noerjihad Saleh (Unhas).

Hadir juga Sujarwo (STKIP Mega Rizki Makassar), Rosdiana, Sri Rahayu (Unismuh Makassar), Wahyu Ningsih, Azis, Firman Saleh, Nur Khadijah Razak (Unismuh Makassar), Yusmah (STKIP Rappang), A Andriyani Asra (STKIP Muhammadiyah Bulukumba), Nurul Fitrah Yani (Polinas Makassar), Rismayanti SS MHum, dan Isra Mirdayani SS dan Wa Ode Fian Adilia SPd.(*)

Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help