TribunTimur/
Home »

Gowa

Ini Tujuan KPUD Gowa Luncurkan Mobil Pintar Pemilu

Bupati Adnan Purichta Ichsan, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KPID Gowa dengan melahirkan inovasi baru.

Ini Tujuan KPUD Gowa Luncurkan Mobil Pintar Pemilu
tribun/Umming
Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memotong pita pelepasan mobil pintar pemilu di halaman Kantor KPUD Gowa, Jl. Andi Mallombasang, Gowa. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gowa punya inovasi sendiri memperkenalkan apa itu pemilihan umum (Pemilu) kepada masyarakat.

Dengan menghadirkan dua mobil pintar pemilu, KPUD Gowa melaunching Oto Car atau Cara De' (mobil pintar pemilu), Rabu (17/5).

Ketua KPUD Gowa Zainal Ruma, menjelaskan jika program mobil pintar pemilu sedikit berbeda dengan yang ada di kabupaten lain.

"Di Kabupaten lain mendirikan rumah pintar pemilu, di Gowa kita berpikir lain dan mendesain sedemikian rupa hingga menciptakan mobil pintar pemilu ini. Kita akan mobile di seluruh wilayah Gowa. Kita gunakan pola jemput bola. Tujuannya mendekatkan sosialisasi KPU dengan masyarakat," katanya saat memberikan sambutan di hadapan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief, Ketua Bawaslu Sulsel Fatmawati Imran, dan perwakilan KPU RI.

Lanjut Zainal, jika mobil pintar itu disiapkan dua kendaraan yang merupakan  hibah  Pemkab Gowa.

Dilengkapi fasilitas seperti buku buku terkait pemilu, televisi, dan Internet.

"Dari jaringan Internet itu kota bisa cek, tahu apakah namanya sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) atau tidak. Satu digunakan di dataran tinggi dan satu lagi di dataran rendah. Semoga ini dapat bermanfaat sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula," tambahnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPUD Gowa Arif Budiman, mengatakan program ini bertujuan memberikan pendidikan bagi pemilih khususnya pemahaman pemilih pemula.

"Olehnya itu kami akan road to school sasarannya pemilih pemula. Kursus kepemiluan bagi masyarakat, seminar dan nanti kita bentuk relawan demokrasi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help