TribunTimur/

citizen reporter

Sema Fapet Kampanye Gizi

Kampanye yang digelar di Pantai Losari Kota Makassar mulai sekitar pukul 7.30 WITA (14/5/2017), bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat

Sema Fapet Kampanye Gizi
Sema Fapet Kampanye Gizi 

PROTEIN merupakan sebuah zat asupan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi protein bagi tubuh yang utama yaitu sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme pada tubuh manusia.
Protein tidak diproduksi dari tubuh manusia, melainkan bersumber dari makanan yang mengandung protein yang kita konsumsi. Artinya manfaat protein baru dirasakan ketika kebutuhan protein harian tercukupi melalui makanan sumber protein.
Namun saat ini, banyak sebagian masyarakat yang mengenyampingkan protein dalam porsi konsumsinya.
Bahkan di Indonesia diketahui hampir seperempat penduduknya mengalami gangguan gizi buruk, yang disebabkan kurangnya asupan protein dalam makanan yang dikonsumsi masyarakat.
Kondisi inilah yang menyebabkan sekitar 24 mahasiswa yang menamakan dirinya Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan (SEMA FAPET) Universitas Hasanuddin menggelar kegiatan bakti sosial berupa kampanye gizi yang bertemakan meningkatkan konsumsi protein hewani kepada masyarakat makassar.
Kampanye yang digelar di Pantai Losari Kota Makassar mulai sekitar pukul 7.30 WITA (14/5/2017), bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya jangan ragu untuk mengonsumsi sumber-sumber protein yang ada dalam bahan baku makanan seperti telur.
Kordinator steering, Wawan Rivaldi menyampaikan, fungsi utama protein adalah untuk pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh.
Protein ini nanti akan menjadi makanan untuk otot agar tetap tumbuh berkembang. Apabila otot yang terbentuk tetap terpelihara dengan baik, maka ia akan membantu tubuh memaksimalkan pembakaran lemak sehingga berat badan tetap seimbang.
“Saat ini masyarakat sedikit meremehkan sumber-sumber protein, khususnya protein hewani yang ada di sekitarnya, seperti daging, susu, ikan dan telur. Masyarakat menganggap sumber-sumber makanan tersebut lebih mahal dibandingkan dengan sumber makanan lainnya, padahal sumber makanan yang mengandung protein sangatlah penting bagi tubuh manusia,” jelas surahman selaku Ketua Umum SEMA FAPET UH.
Kendati sangat disadari sepenuhnya oleh SEMA FAPET UH, peningkatan konsumsi protein hewani tentunya sangat berkaitan dengan tingkat pendapatan masyarakat di suatu daerah. Tingkat pendapatan masyarakat suatu daerah memberikan pengaruh signifikan dalam tingkat konsumsi produk peternakan.
Faktor ini sangat berpengaruh mengingat produk peternakan khususnya di negara Indonesia memiliki harga yang relatif agak mahal. Pendapatan masyarakat Indonesia yang masih rendah menjadi kendala tersendiri dalam pemasaran produk peternakan.
“Tetapi bukan kemudian faktor ini menjadi kendala utama. Kita tidak perlu menunggu meningkatnya pendapatan masyarakat untuk menghasilkan peningkatan konsumsi protein hewani bangsa ini. Upaya peningkatan pendapatan masyarakat harus disinergikan dengan peningkatan konsumsi pangan asal hewan,” jelasnya.
Selain itu, sebagai bentuk kampanye yang dilakukan, para mahasiswa ini pun juga membagi-bagikan sekitar 500 butir telur ayam ras kepada para masyarakat yang ada di sekitar pantai losari.
Mereka berharap melalui kampanye ini, masyarakat tidak lagi ragu untuk mengkonsumsi sumber-sumber protein yang ada, karena salah satu penyebab terjadinya gizi buruk, khususnya pada anak-anak disebabkan asupan protein yang dikonsumsinya tidak mencukupi, atau bahkan kurang.(*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help