Delapan UPT Lampung Studi Banding di Samsat Gowa

Agustami menjelaskan jika Bapenda Lampung dalam beberapa tahun terakhir tidak mencapai target.

Delapan UPT Lampung Studi Banding di Samsat Gowa
TRIBUN TIMUR/WA ODE NURMIN
Delapan unit pelaksana teknis (UPT) Pendapatan dari Provinsi Lampung berkunjung ke Kantor UPT Bapenda Gowa, Jl. Tumanurung, Gowa, Selasa (9/5). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Delapan unit pelaksana teknis (UPT) Pendapatan dari Provinsi Lampung berkunjung ke Kantor UPT Bapenda Gowa, Jl. Tumanurung, Gowa, Selasa (9/5).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Pendapatan Wilayah II Kalianda Agustami itu, untuk mencari tahu kiat-kiat bagaimana mencapai target.

"Samsat Gowa menjadi UPT pilihan kami karena kami menilai bahwa salah satu UPT pendapatan lingkup Badan Pendapatan Daerah di Sulsel yang berkinerja bagus dalam upaya pencapaian target yakni Gowa. Makanya kami melihat Gowa sebagai lokasi studi banding," katanya.

Agustami menjelaskan jika Bapenda Lampung dalam beberapa tahun terakhir tidak mencapai target.

Olehnya hal-hal mengenai strategi meningkatkan pendapatan baik dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Pajak Air permukaan, pajak alat berat, sistem absen pegawai, sistem pelayanan samsat, mereka pelajari di Gowa.

Kepala UPT Pendapatan Cabang Gowa, Kemal Redindo Syahrul Putra, menjelaskan strategi untuk meningkatkan pendapatan, dilakukan dengan cara melakukan kegiatan sosialisasi kepada camat, lurah dan tokoh masyarakat.

"Aparat UPT pendapatan wilayah Gowa juga memaksimalkan program door to door.
Salah satu sosialisasi juga aparat kita rutin membagikan brosur/flyer d tempat umum baik di lampu merah atau lokasi Car Free Day (CFD)," jelasnya.

Sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pajak daerah.

"Selain sosialisasi tentu kami menjaga hubungan baik kepada mitra yaitu pihak kepolisian dan jasa raharja. Tentu tidak lepas dari bantuan dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa,".

Setelah berkunjung ke kantor Samsat Gowa, rombongan selanjutnya meninjau pelayanan di mobil samsat keliling (samkel) di wilayah Panciro, setelah itu peninjaun pelayanan gerai samsat di kantor Kelurahan Romang Polong. (Won)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help