TribunTimur/
Home »

Barru

MA Kabulkan Kasasi Kejari Makassar, Bupati Barru Nonaktif Divonis 4,6 Tahun

Putusan Kasasi MA ini dengan nomor register perkara : 603 K/PID.SUS/2017 ini dimuat di laman resmi putusan Mahkamah Agung (MA).

MA Kabulkan Kasasi Kejari Makassar, Bupati Barru Nonaktif Divonis 4,6 Tahun
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Beginilah suasana sidang Vonis Bupati Barru, Andi Idris Syukur terdakwa kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Pengadilan Tipikor, Makassar, Sulsel, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Makassar, untuk kembali menghukum Bupati Barru (non-aktif) Andi Idris Syukur, di kasus dugaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Idris dituntut 4 tahun 6 bulan berdasar Pasal 12e UU Tipikor tentang pemerasan dan pasal 3 UU No 8 tahun 2010 tentang TPPU pada 1 Agustus 2016 lalu di Pengadilan Tipikor Makassar.

Putusan Kasasi MA ini dengan nomor register perkara : 603 K/PID.SUS/2017 ini dimuat di laman resmi putusan Mahkamah Agung (MA).

Putusan Kasasi dengan tiga hakim mejelis ini ( Prof DR Krisna Harahap, SH,MH, Syamsul Rakan Chaniago, SH.,MH dan DR Artidjo Alkotsar, DR,SH,LL.M) ini diuputuskan akhir April (27/4/2017) lalu.

Hingga Rabu (3/5/2017) pagi salinan putusan dengan nomor surat pengantar W22.U1/456/HPDN.SUS.TPK/II/2017 itu masih termuat di tautan resmi https://kepanitraan.mahkamahagung.go.id/perkara/perkara_.

Kepala Kejaksaan Negeri Barru Paian Tumanggor, kepada Tribun, Rabu (3/5) sore, mengaku belum mendapatkan informasi seputar hasil putusan kasasi mantan Bupati Barru Idris Syukur yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas putusan yang dijatuhkan Pengadilan Tinggi Makassar.

Paian juga adalah Jaksa Penuntut Umum dalam sidang Idris Syukur di PN Makassar, yang diputuskan 1 Agustus 2016 lalu.

Vonis 4,5 ahun

Di sidang tahun lalu yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Andi Cakra Alam, memvonis Idris Syukur hukuman penjara 4,5 tahun penjara.

Selain itu, Idris Syukur didenda Rp 280 juta. Jumlah ini bertambah dari tuntutan JPU yang sebesar Rp 250 juta. Namun, Andi Idris Syukur tak ditahan.

Halaman
123
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help