CITIZEN REPORTER

Mahasiswa Agroteknologi Unhas Praktek Lapang di Perkebunan Lutfi Halide

Lokasi yang dimiliki oleh mantan Kadis Pertanian dan Tanaman Hortikultura Sulsel tersebut memiliki luas sekitar 30 Ha.

Mahasiswa Agroteknologi Unhas Praktek Lapang di Perkebunan Lutfi Halide
CITIZEN REPORTER
Sebanyak 180 mahasiswa prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unhas mengikuti praktek lapang mata kuliah budidaya tanaman pangan dan hortikultura di Tanatengnga, Kecamatan Camba, Sabtu (29/4/2017). 

Heri Kurniawan

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin

Melaporkan dari Camba

TRIBUN-TIMUR.COM-Sebanyak 180 mahasiswa prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unhas mengikuti praktek lapang mata kuliah budidaya tanaman pangan dan hortikultura di Tanatengnga, Kecamatan Camba, Sabtu (29/4/2017).

Lokasi yang dimiliki oleh mantan Kadis Pertanian dan Tanaman Hortikultura Sulsel tersebut memiliki luas sekitar 30 Ha. Terletak di ketinggian 800 mdpl cukup memuaskan para penuntut ilmu pertanian, bukan hanya mengobservasi lahan dengan mengamati beragam tanaman, tapi mereka dapat menikmati pemandangan negeri atas awan dan keramahan warga sekitar yang  menjadi penyemangat mahasiswa dalam praktek lapang kali ini.

Mahasiswa yang turun ke lapangan langsung, cukup senang dengan keramahan petani untuk berbagi informasi seputar lahan yang digarapnya.

"Bertani di lokasi bapak Lutfi memberi pengalaman baru dan tantang tersendiri dibanding di kampung sendiri” ujar petani bawang asal majalengka.

Lutfi secara sengaja  memang mendatangkan petani asal Majalengka untuk dipekerjakan di lokasi tersebut hal ini untuk memberi mindset kepada petani lokal untuk membagikan pengalaman kerja para petani lokal.

Selain menikmati asrinya suasana pedesaan mereka berkesempatan untuk sharing dan berdiskusi bersama Lutfi Halide. Sebagai mantan kepala dinas pertanian, ia berbagi cerita suksesnya kepada para mahasiswa untuk memajukan pertanian Sulawesi Selatan.

Ia juga menceritakan perjalanan panjang kisah hidupnya semenjak kanak-kanak berpesan kepada para calon petani muda tersebut untuk senantiasa mengabdikan ilmu yang mereka peroleh kepada masyarakat.

"Kami mendapat pengetahuan baru tentang bagaimana mengelola lahan yang baik, bagaimana menerapkan teori yang kami dapat di kampus dan tentu saja babagaimana berbagi kepada masyarakat” ujar salah satu mahasiswa peserta praktek lapang tersebut.

Dengan praktek lapang mereka dapat langsung melihat dan merasakan kondisi lapangan serta sharing kepada petani. Kegiatan ini berakhir Minggu (30/4/2017) dan mahasiswa kembali ke Makassar dan siap untuk menjalankan rutinitas perkuliahan kembali.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help