TribunTimur/

Sudah Berusia Satu Tahun, Anak Belum Ada Tanda-tanda Bisa Berdiri

Setelah 14 bulan dan belum bisa berdiri berarti sudah dapat dikatakan ada keterlambatan perkembangan dalam hal motorik kasar

Sudah Berusia Satu Tahun, Anak Belum Ada Tanda-tanda Bisa Berdiri
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi anak gemuk 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM-Pagi dok, saya mau tanya, anak saya sudah umur 1 tahun 2 bulan tapi belum ad tanda-tanda berdiri, malahan saat saya ajarkan berdiri dia sering mengangkat kakinya / melipat kakinya, , maksih.

+6281343674xxx

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Usia 1 tahun 2 bulan (14 bulan) berdasarkan tabel Denver II (tabel yang digunakan untuk memantau tumbuh kembang anak) seharusnya memang anak ibu sudah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan yaitu di rentang usia 10-14 bulan.

Setelah 14 bulan dan belum bisa berdiri berarti sudah dapat dikatakan ada keterlambatan perkembangan dalam hal motorik kasar (gross motoric delay), dan ini harus diberikan stimulasi secara terus menerus.

Kebiasaan anak ibu untuk mengangkat kaki atau melipat kaki bisa jadi karena beberapa hal termasuk keseimbangan pada anak yang belum baik, otot kaki yang belum matang, atau bisa juga karena ketakutan dan itu lumrah terjadi pada anak yang baru belajar berdiri.

Namun jika setelah distimulasi namun belum ada perkembangan yang signifikan maka sebaiknya dibawa ke poliklinik anak bagian tumbuh kembang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan khusus seperti fisioterapi/rehabilitasi medik jika perlu.

Dokter spesialis anak

dr Dr Nadira SpA

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help