Home »

Video

Hari Kartini 2017

VIDEO: Hari Kartini, Giliran Perempuan Atur Lalulintas Pesawat di Makassar

Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) punya cara yang unik untuk memperingati hari Kartin

Laporan Wartawan Tribun Timur Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) punya cara yang unik untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April besok.

Selama dua hari, terhitung mulai hari ini, seluruh petugas pengatur lalu lintas pesawat di Air Traffic Control (ATC) Tower dikerjakan oleh perempuan.

Para wanita tersebut secara bergantian selama 24 jam akan memandu pesawat yang akan mendarat maupun terbang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Baca: Transit Dua Jam, Menteri Agama Santap Coto dan Barongko di Bandara Sultan Hasanuddin

"Jika biasanya bercampur laki-laki, maka selama dua hari ini semuanya akan dilakukan oleh perempuan," kata Manager Pum Airnav Makassar, Fuad Bedri saat ditemui di Tower ATC MATSC, Kamis (20/4/2017).

Baca: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Naik 16 Persen

Para petugas ATC perempuan tersebut pun tampak sibuk mengatur lalu lintas pesawat yang baik yang akan mendarat maupun terbang, termasuk yang memantau di radar.

Salah satu Supervisor ATC Santi Dwi Paprianti mengatakan hari Kartini menjadi momen untuk menunjukkan bahwa perempuan juga mampu mengenyam pendidikan untuk kemajuan bangsa.

"Kartini membuka jalan untuk para wanita mengenyam pendidikan, tidak mungkin kami duduk di sini memberikan pelayanan kepada orang lain kalau bukan karena adanya pendidikan, meski tak bisa menghindari kodrat kami sebagai wanita yang juga mengurus keluarga," kata Santi di sela aktivitasnya.

Ia juga mengatakan, saat ini perempuan tidak lagi dibatasi oleh pekerjaan apa yang bisa dilakukan.

"Perempuan juga bisa jadi pahlawan apa saja yang mereka mau, asal niatnya ibadah membantu sesama, apapun pastu ada jalan. Tak sesulit dulu lagi, apapun bisa kita jalani," kata dia. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help