Di Enrekang, Mahasiswa STPP Gowa Belajar Buat Dangke dan Keripik Susu

STPP Gowa memboyong 46 orang mahasiswanya ke Kabupaten Enrekang, salah satu sentra peternakan di Sulsel

Di Enrekang, Mahasiswa STPP Gowa Belajar Buat Dangke dan Keripik Susu
HANDOVER
STPP Gowa memboyong 46 orang mahasiswanya ke Kabupaten Enrekang. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Untuk memenuhi tujuan kurikulum pendidikan vokasi yang mengarah ke penumbuhan wirausahaan muda bidang peternakan, sekolah tinggi penyuluhan pertanian (STPP) Gowa memboyong 46 orang mahasiswanya ke Kabupaten Enrekang.

Daerah tersebut sebagai salah satu sentra pengembangan peternakan yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin untuk tiap angkatan di Jurusan Penyuluhan Peternakan STPP Gowa.

Baca: Asrama Mahasiswa STPP Gowa Kini dilengkapi CCTV

"Kami sengaja memilih Enrekang dan Peternakan yang ideal untuk kegiatan praktik mahasiswa kami agar mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana keadaan di lapangan," kata Dosen Peternakan STPP Gowa, Andy SPt MSi.

Baca: Ke Enrekang, Dirjen Holtikultura Disuguhi Nasu Cemba dan Dangke

"Kami memilih Peternakan yang merupakan Peternakan binaan LIPI dengan Bapak Nasruddin sebagai pemiliknya di desa Cendana, Dusun Baba Selatan Kecamata Maiwa Kabupaten Enrekang," ungkap Andy yang selama tiga hari mendampingi mahasiswa di lapangan, Rabu (19/4/2017).

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dibimbing langsung Nasruddin sebagai pemilik peternakan seperti memerah susu dari sapi jenis FH, lalu membuat Dangke dan membuat keripik susu.

Menurut Andy kegiatan tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan mahasiswa, terlebih lagi dengan program kementerian pertanian terkait penumbuhan wirausahaan muda bidang peternakan.

Dimana mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana mengelola peternakan, mulai dari memelihara ternak, merawat dan memanfaatkan hasilnya.

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help