Bupati Mamuju Tengah Warning Kepdes Soal Pengelolaan Dana Desa

Teguran tersebut disampaikan Agus di hadapan seluruh kepala desa di Matra saat pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Apdesi.

Bupati Mamuju Tengah Warning Kepdes Soal Pengelolaan Dana Desa
HANDOVER
Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Apdesi) di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Bupati Mamuju Utara (Matra) Agus Ambo Djiwa memberikan warning kepada Kepala Desa (Kepdes) yang bertindak tanpa mengindahkan prosedur yang ditetapkan.

Teguran tersebut disampaikan Agus di hadapan seluruh kepala desa di Matra saat pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Apdesi) di Aula Kantor Bupati Matra.

"Saya tekankan dan saya minta dengan sangat kepada seluruh kepala Desa agar berjalan sesuai prosedur, jangan coba-coba jalan sendiri-sendiri karena itu akan menimbulkan masalah," kata Agus dalam rilisnya kepada TribunSulbar.com, Selasa (18/4/2017).

Baca: Golkar Sulbar Lirik 4 Nama Kader di Pilkada Polman

"Utamanya dalam hal pengelolaan anggaran, harus sangat hati-hati dan ikuti prosedur yang sudah ditetapkan, segala hal yang menyangkut anggaran harus dirumuskan bersama," ujar Agus menambahkan.

Dia mencontohkan, beberapa kepala desa yang langsung menghadap ke bupati untuk meminta bantuan.

Padahal, menurut Agus, bantuan desa ada prosedurnya, tidak bisa langsung serta merta meminta bantuan atapun kebijakan dari pimpinan.

"Ada kepala desa yang datang minta bantuan pembangunan kantor desa, langsung kepada saya, ini tidak dibenarkan karena tidak melalui prosedur. Harus dibahas dulu bersama BPD lalu disampaikan ke instansi yang membidangi yaitu Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD)," ujar Agus.

Tahun ini, setidaknya total anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke desa kurang lebih Rp 6 triliun.

Bahkan, tahun depan diperkirakan meningkat mencapai Rp 12 triliun.

Pelantikan DPC Apdesi Matra dihadiri Wakil Bupati Matra Muhammad Saal, Ketua DPRD Matra diwakili Ketua Komisi II DPRD Matra Saifuddin Baso, Perwira Penghubung Dandim Mamuju di Matra, Kabag Ops Polres Matra dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Matra.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help