Konsultasi Dokter

Puting Susu Kecil Bukan Alasan Ibu Tidak Menyusui

Bagaimanapun ASI adalah asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang belum ada tandingannya hingga saat ini

Puting Susu Kecil Bukan Alasan Ibu Tidak Menyusui
kompas.com
Ibu menyusui bayi 

TRIBUN-TIMUR.COM -Assalamu alaikum dok atau selamat siang dok, saya mau tanya anak saya sudah satu bulan minum susu soya kira-kira kalau saya ganti susunya dgn susu bayi yg lain tpi bukan susu soya, tdk apa-apa ji itu dok. tpi tdk menyusui di ibunya knp tdk menyusui krn kecil puting tetenya ibunya.

+6282315253xxx

Jawaban dokter spesialis Anak, Dr dr Nadira SpA

Terima kasih atas pertanyaannya. Mengenai pemberian susu soya perlu diperjelas terlebih dahulu apakah sebelumnya anak ibu ada alergi terhadap susu sapi atau tidak.

Seandainya ternyata tidak ada riwayat alergi susu sapi namun kebetulan saja ibu dari awal memberikan jenis susu soya maka tidak apa-apa jika diganti dengan susu biasa (tentunya yang sesuai dengan usianya).

Baca: Jika Bayi Alergi Susu Sapi

Kemudian mengenai anak ibu yang tidak menyusu karena puting ibunya kecil, perlu diketahui bahwa hal itu sebenarnya bukan alasan untuk tidak memberikan ASI kepada anak.

Baca: Jangan Berikan Jenis Makanan Ini ke Bayi

Bagaimanapun ASI adalah asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang belum ada tandingannya hingga saat ini dan bisa mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak.

Lagipula pada saat menyusui bukan putingnya saja yang dihisap tapi puting dan areola juga (daerah berwana coklat disekeliling puting), puting hanya sebagai penanda saja namun sebenarny gudang ASI berada di seluruh bagian areola tersebut. (*)

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help