Konsultasi Health

Gusi Sakit dan Sobek?

Jika melihat dari keluhan yang saudara gambarkan, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena adanya gigi bungsu yang akan tumbuh

Gusi Sakit dan Sobek?
shutterstock
Gusi

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM-Dok, saya wanita usia 23 tahun. baru lima hari kemarin saya mengeluh sakit di gusi kiri bagian belakang.  gusi saya juga seperti sobek. apa ya kira kira itu dok? kemudian apa yang harus saya lakukan?

+6281343869xxx

Jawaban:

Jika melihat dari keluhan yang saudara gambarkan, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena adanya gigi bungsu yang akan tumbuh (gigi molar 3).

Gigi bungsu biasanya tumbuh berkisar pada usia antara 17-25 tahun, pada saat itu gigi tersebut berusaha menembus gusi untuk tumbuh ke rongga mulut sehingga sering menimbulkan rasa sakit.

Gigi ini juga sering tumbuh tidak sempurna dalam segi letaknya dan bila tidak cukup ruangan bisa tumbuh miring atau hanya sebagian yang muncul ke permukaan mulut. Inilah yang disebut gigi impaksi (gigi tertanam sebagian atau keseluruhan).

Rasa sakit dapat dihilangkan dengan meminum obat antibiotik dan anti sakit, namun keluhan tersebut sewaktu-waktu dapat timbul kembali apabila penyebab utama tidak dihilangkan.

Untuk itu disarankan melakukan ro-foto panoramik untuk mengidentifikasi posisi gigi bungsu tersebut dan apabila posisisnya tidak menguntungkan sebaiknya gigi bungsu ini harus segera dicabut (odontektomi) bahkan sebelum kondisinya menjadi lebih serius.

Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang lebih lanjut atau semakin rumitnya prosedur pencabutan yang akan dilakukan, mencegah terjadinya infeksi dan mencegah sebagai sumber munculnya kista atau tumor rahang.(*)

Dokter spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

drg M Ruslin MKes SpBM

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help