Kemendag Tetapkan HET, Minyak Goreng Seharga Rp 11 Ribu Kosong di Ritel Modern

Sayang, buah dari kebijakan ini belum dirasakan maksimal masyarakat dikarenakan ketersedian produk, khususnya minyak goreng.

Kemendag Tetapkan HET, Minyak Goreng Seharga Rp 11 Ribu Kosong di Ritel Modern
TRIBUN TIMUR/NURUL ADHA ISLAMIAH
Sejumlah produk minyak goreng tengah mendapat tawaran promo turun harga di Hypermart Mal Panakkukang Makassar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas gula pasir, minyak goreng, dan daging beku pada pasar ritel modern sudah dimulai 10 April lalu.

Sayang, buah dari kebijakan ini belum dirasakan maksimal masyarakat dikarenakan ketersedian produk,  khususnya minyak goreng.

Rincian kebijakan Kemendag, yakni HET gula pasir sebesar Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp 11 ribu per liter, dan daging beku Rp 80 ribu per kilogram.

Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Makassar yang diamanahkan Kemendag untuk mengawasi jalannya kebijakan tersebut telah melakukan pantauan di beberapa ritel di Kota Makassar.

"Alhamdulillah dua hari ini kita datang ke Alfamart, Indomart, dan ritel besar lainnya. Harga gula Rp 12.500/kg, begitu juga daging beku Rp 80 ribu/kg, kalau minyak curah dalam kemasan memang lagi kosong," ujar Ramli Simanjuntak Kepala KPD KPPU Makassar via telepon, Rabu (12/4/2017).

Minyak bermerek dengan kemasan rapi yang dipajang di ritel modern memang dibanderokbdi atas HET. "Yang kita maksud bukan minyak seperti itu. Namun minyak curah. Nanti kita evaluasi terkait ketersediaannya," ujar Ramli. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help