Cara Menangkal Rasa Lapar Tengah Malam, Tak Bikin Gemuk

Anda tahu, makan pada waktu larut malam tidak baik untuk pinggang Anda, atau bahkan untuk tidur Anda.

Cara Menangkal Rasa Lapar Tengah Malam, Tak Bikin Gemuk
Shutterstock
Ilustrasi lapar tengah malam 

TRIBUN-TIMUR.COM -Anda baru saja merangkak ke tempat tidur dan tiba-tiba rasa lapar menyerang. Anda tahu, makan pada waktu larut malam tidak baik untuk pinggang Anda, atau bahkan untuk tidur Anda.

Anda bingung harus bagaimana, mengabaikan rasa lapar, ngemil atau makan nasi dan lauk-pauk agar terjamin kenyang.

Berikut saran tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana menangkal lapar menjelang tidur.

Baca: Lapar Tengah Malam? Ini Camilan yang Tak Menggemukkan

Pertama, cari tahu apakah Anda benar-benar lapar
Langkah pertama adalah menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan makanan, atau mengalami kelaparan palsu dipicu oleh kebiasaan, kecemasan, atau keinginan untuk bersenang-senang dengan makanan.

Untuk melakukan itu, perhatikan tanda-tanda tubuh seperti: Apakah Anda memiliki tanda-tanda fisik lapar, seperti perut keroncongan? Kapan terakhir kali Anda makan, dan apa yang Anda makan?

Bagi kebanyakan orang, makanan yang seimbang (sayuran ditambah protein, lemak sehat, dan karbohidrat) bisa membuat kenyang selama sekitar empat jam.

Baca: Begadang dan Telat Makan Malah Bikin Gemuk

"Jadi jika Anda makan malam dengan menu sehat kurang dari empat jam yang lalu, dan Anda tidak memiliki gejala fisik kelaparan, artinya rasa lapar itu hanya ada di pikiran Anda," kata Cynthia Sass, ahli diet dan nutrisi di AS.

Jika keinginan Anda didorong oleh kebiasaan (misalnya, Anda selalu ngemil sambil menonton TV sebelum tidur), ubah rutinitas Anda. Melakukan sesuatu yang lain dengan tangan Anda saat Anda menonton TV.

Halaman
123
Editor: Suryana Anas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help