TribunTimur/

Pilgub Sulsel 2018

Aktivis KAHMI Sulsel Haris Baginda Deklarasi Pilgub di Masjid Losari

Bendahara Umum HMI Cabang Makassar 1990-1991 itu bertekad mengubah image politisi terhadap masjid. “Jangan jauhkan masjid dari politik," tegasnya.

Aktivis KAHMI Sulsel Haris Baginda Deklarasi Pilgub di Masjid Losari
dok.tribun
Haris Baginda-Irwan Mattuju salam komando usai deklarasi sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur untuk Pilgub Sulsel 2018 di samping Mihrab Masjid Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar, Jumat (31/3/2017). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Petualangan survei pemilihan gubernur (pilgub) Abdul Haris Baginda (HB) berakhir di Pilgub Sulsel 2018 ini.

Pendiri sejumlah lembaga survei itu memutuskan “ikhlas disurvei” menjelang Pilgub Sulsel 2018. HB malah menjadi tokoh Sulsel pertama yang “berani” mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur bersama pasangannnya, bakal calon wakil gubernur Irwan Mattuju (IM).

HB pun tidak sembarang memilih waktu dan tempat deklarasi. Dia memutuskan deklarasi maju pilgub bersamaan dengan aksi 313 di Jakarta, Jumat (31/3/2017). Tempatnya pun tak lazim, di Masjid Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar.

Itulah deklarasi pertama pasangan bakal calon Pilgub Sulsel 2017. Pun deklarasi pilgub pertama yang digelar di masjid.

“Saya memilih masjid, selain tentu karena berharap berkah, juga ingin memberi contoh dan mengingatkan perjuangan Baginda Rasulullah Muhammad SAW yang semuanya dipusatkan di masjid,” kata HB di Gedung Tribun Timur, beberapa jam setelah deklarasi.

Bendahara Umum HMI Cabang Makassar 1990-1991 itu bertekad mengubah image politisi terhadap masjid. “Jangan jauhkan masjid dari kegiatan politik. Ini salah. Makanya politik kita tidak berkah karena dilarang dilakukan di masjid,” tegas pentolan Korps Alumni HMI (KAHMI) Sulsel itu.

Jalur Independen

HB-IM memilih jalur independen untuk menantang tokoh lain dalam Pilgub Sulsel 2018. "Kami sudah kumpul ribuan KTP. Insya Allah, karena izin Allah SWT, kami akan maju lewat jalur independen," kata HB.

Mengapa? "Saya tidak ingin mengganggu saudara-saudara para pengurus partai politik. Kami bukan aktivis partai, jadi kami harus tahu diri dengan tidak merampas hak teman-teman pengurus parpol," jelas HB.

Dia mengingatkan para tokoh lain yang bukan dari kalangan partai politik untuk sadar diri. "Makanya negara menyiapkan jalur independen agar orang seperti saya ini juga bisa maju di pilgub," kata HB.

Halaman
123
Penulis: AS Kambie
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help