Nenek Ini Bikin Bumbu Konro di Limbung, Laku Sampai di Afrika, Omzetnya Rp 40 Juta Sebulan, Keren!

Ada 11 jenis bumbu masak yang diproduksi sendiri. Semuanya telah dipatenkan. Alhamdulillah saya sudah mempekerjakan 10 karyawan dari keluarga dekat

Nenek Ini Bikin Bumbu Konro di Limbung, Laku Sampai di Afrika, Omzetnya Rp 40 Juta Sebulan, Keren!
HANDOVER
Aminah, pemilik brand Alminana Aneka Bumbu 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Usia Aminah genap 60 tahun. Ia belum pensiun, masih aktif bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Rumah Sakit Haji Makassar. Sambilannya? meracik aneka bumbu kuliner khas daerah.

Belum lama ini pengusaha yang besar di Limbung, Gowa itu, coba flash back pada 2011 silam. Kala brand Alminana Aneka Bumbu resmi dibuka dengan modal seadanya.

"Saya buat usaha karena tidak ada carikanka uang untuk hidup. Modal dari gaji sebagai PNS," kata perempuan yang bekerja di bagian instalasi gizi melalui pesan WhatsApp.

Berbeda dari ragam bumbu masak yang dijual di pasaran dan ritel modern. Produk keluaran Alminana Aneka Bumbu antara lain sop konro, coto Makassar, pallubasa, kari Makassar, toppa lada, pallu kaloa, sop saudara, opor ayam, dan sambal tumis

"Proses pembuatannya saya pusatkan di Jl Balla Lompoa Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng, Gowa. Harga bumbu basah per 200 gram dibanderol Rp 30 ribu/pcs, dan bumbu kering per 80 gram hanya Rp 25 ribu/pcs saja," kata Min sapaan karibnya.

Aminah awalnya tidak berniat untuk berbisnis. Maklum dia tidak memiliki basik sebagai pengusaha, hanya hobi memasak sana. Namun siapa sangka dari hobinya itu, sekarang penghasilannya bisa sampai Rp 40 juta/bulan, 10 kali lipat dari gajinya sebagai PNS.

"Ada 11 jenis bumbu masak yang diproduksi sendiri. Semuanya telah dipatenkan. Alhamdulillah saya sudah mempekerjakan 10 karyawan dari keluarga dekat. Merekalah yang meracik bumbu setiap hari," ujarnya.

Bumbu Alminana kini sudah merambah pusat pertokoan dengan kemasan sama seperti bumbu bermerek. Tidak hanya di Makassar seperti Carrefour, Baji Pamae, dan Hotel Aston. Distribusi bumbu juga ke luar negeri.

"Distribusi sudah pernah ke Afrika Selatan, Belanda, Arab Saudi, hingga Dubai. Paling membanggakan waktu 2011 lalu, bumbu Sop Konro Alminana berhasil meraih juara nasional dalam Pangan Nusa Citra Rasa Kreativitas, di Nusa Dua, Bali," kata perempuan berkacamata itu.

Semangat Aminah selayaknya jadi inspirasi untuk enterpreneur muda saat ini.

"Aduh sudah 60 tahun umurku menuju lansia, tetapi semangat jangan kalah dengan yang mudah," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help