TribunTimur/
Home »

Opini

opini

Pekalah, Solusi Masa Depan Makassar

Alam impian atau pikiran orang Makassar sejak dahulu telah mendunia. Kalau begitu, pikiran orang Makassarlah yang menundukkan dunia.

Pekalah, Solusi Masa Depan Makassar
handover
Arman Mannahawu 

Oleh: Arman Mannahawu
Advokat-Ketua KNPI Kota Makassar

Indera merupakan sensor manusia merespon segenap hal yang ada di sekelilingnya bahkan hal-hal yang jauh dan lampau terkait dirinya.

Serabut saraf yang melayaninya (indera) merupakan alat perantara yang membawa kesan rasa (sensory imfression) dari organ indera menuju otak, tempat perasaan itu ditafsirkan.

Sungguh sangat strategis peran indera ini, sehingga bisa dikatakan inilah awal dari segalanya manusia berbuat. Jika otak adalah bagian sensitif manusia dalam berpikir (tentu untuk merencanakan tindakan) maka indera adalah referensi bagi otak untuk berproses (berpikir).

Menurut Wagner dan Hollenbeck (1995:136) bahwa “kita manusia memiliki lima indera di mana lewat indera-indera tersebut kita bisa mengalami dunia yang ada di sekitar kita; yaitu lewat indera penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman dan pengecap.

Persepsi merupakan proses dimana seseorang memilih, mengelola, menyimpan dan menginterpretasikan informasi yang dikumpulkan dari indera-indera tersebut”.

Sudah pasti indera melekat di manapun manusia itu berada dan apapun aktifitasnya. Indera menangkap dan merekam apa yang ada di sekeliling termasuk yang menyentuh manusia.

BACA juga: Bupati Enrekang Ingin Pernikahan Putri Bungsunya Berlangsung Sederhana

Hari ini saya (sebagai advokat) dihampiri klien, saya melihat dia sedih dengan masalahnya dan setelah mendengar kronologis kejadian sayapun dibuatnya merasakan sesuatu yang menyentuh dan merebut saraf ibaku.

Lebih lanjut berproses dengan berpikir bagaimana menyuguhkan solusi atas masalah hukum yang menimpa si klien, akhirnya saya membangun persepsi bahwa sebagai advokat patut saya mendampingi kepentingan hukumnya.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help