TribunTimur/
Home »

Opini

opini

Pembalakan Liar dan Dampaknya

Catatan Refleksi Memperingati Hari Hutan Sedunia 21 Maret 2017. Kehutanan nasional kain terancam.

Pembalakan Liar dan Dampaknya
Andi Rusdayani Amin

Refleksi Memperingati Hari Hutan Sedunia 21 Maret 2017
Oleh: Andi Rusdayani Amin
Dosen Budidaya Pertanian Universitas Hasanuddin

Masalah aksi illegal logging merupakan salah satu persoalan yang rumit dihadapi terutama dalam upaya untuk menjaga keberadaan dan kelestarian hutan yang dapat mendukung keseimbangan ekosistem.

Di dalamnya mencakup kehidupan flora dan fauna yang beragam bentuknya.

Yang lebih ironis lagi sebab ternyata kasus pembalakan liar yang berdampak buruk pada terjadinya erosi dan banjir yang menimbulkan banyak korban sudah menjadi suatu persoalan global yang dapat ditemui di berbagai belahan dunia.

Tak hanya itu, aksi pembalakan liar ini sudah pasti memiliki dimensi yang begitu luas. Di dalamnya bukan cuma terbatas pada aspek ekonomi tapi juga dapat memasuki wilayah sosial, politik dan lingkungan hidup.

Padahal jika dilihat dari aspek yuridisnya tentu telah ada sejumlah regulasi yang mengatur tentang bagaimana mengelola hutan secara arif dan bijaksana sehingga tidak menimbulkan implikasi negatif yang begitu luas bagi masyarakat.

BACA juga: Begini Kronologi Pembunuhan Prajurit TNI Asal Takalar di Ambon

Hanya saja dalam realitasnya rupanya apa yang diinginkan banyak pihak akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dengan segala sumberdaya alam yang terkandung di dalamnya, tidak berjalan secara simetris.

Akibatnya justru terjadi pembabatan hutan secara serampangan dan membabi buta yang dilakukan segelintir orang dengan tujuan untuk menarik keuntungan secara ekonomis meski mereka mengabaikan kepentingan publik.

Selain itu aksi pembalakan liar juga dinilai sangat berpotensi menimbulkan kerugian bagi penerima devisa atau pendapatan negara.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help