KSR PMI Unit 105 Unibos Berhasil Kumpulkan 40 Kantong Darah

Aksi sosial tersebut akan berlangsung selama Tonga hari, Selasa-Kamis (21-23/3/2017), pada hari pertama berhasil mengumpulkan 40 kantong darah

KSR PMI Unit 105 Unibos Berhasil Kumpulkan 40 Kantong Darah - sukarela-palang-merah_20170321_191443.jpg
handover
Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) menggelar aksi donor darah di Lobby Gedung I Unibos, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (21/3/2017).
KSR PMI Unit 105 Unibos Berhasil Kumpulkan 40 Kantong Darah - sukarela-palang-merah_20170321_213454.jpg
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) menggelar aksi donor darah di Lobby Gedung I Unibos, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (21/3/2017).

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) menggelar aksi donor darah di Lobby Gedung I Unibos, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (21/3/2017).

Kegiatan yang rutin diadakan lima kali dalam setahun tersebut menjadi aksi donor darah pertama di tahun 2017. Donor darah yang diikuti mahasiswa Unibos dan seluruh sivitas akademika Unibos tersebut digelar atas dukungan langsung PMI Kota Makassar.

Selain aksi donor darah, KSR PMI Unit 105 Unibos juga mengajak PT Kimia Farma untuk mengadakan pengecekan kesehatan kulit gratis atas dukungan terhadap kepedulian dan peningkatan kesehatan kulit di kalangan mahasiswa.

Baca: Dosen Unibos Raih Doktor Bidang Ekonomi di UNM

Baca: Unibos Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Aksi sosial tersebut akan berlangsung selama tiga hari, Selasa-Kamis (21-23/3/2017), pada hari pertama berhasil mengumpulkan 40 kantong darah.

Ketua KSR PMI Unit 105 Unibos, Noriman Isma Wahyudi menuturkan kegiatan tersebut memang rutin diadakan bukan hanya membantu PMI Kota Makassar untuk memenuhi kebutuhan kantong darah. Diluar dari itu, donor darah sangat membantu pendonor dalam menjaga kesehat.

“Satu kantong darah itu bisa menyelamatkan tiga nyawa pasien. Selain untuk mengajak mahasiswa agar mampu saling berbagi untuk yang membutuhkan, donor darah ini juga diperuntukan agar para mahasiswa lebih memberi perhatian dalam menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang positif," kata Wahyudi.

Sementara Koordinator PMI Kota Makassar, Sri Ratnadewi menjelaskan bahwa darah itu memiliki beberapa komponen dan akan digunakan berdasarkan kebutuhan pasien.

Selain regenerasi darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh, donor darah juga sangat baik bagi kesehatan jantung yang berfungsi untuk memompa darah.

Sehingga donor darah bisa mendukung untuk jantung menjalankan fungsinya dengan baik.

Penulis: Hasrul
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help