TribunTimur/

Unhas Loloskan 116 Proposal PKM 5 Bidang, Peringkat ke-7 Nasional

Rasyid Jalil bercerita bahwa setelah Unhas mempelajar dua tahun terakhir tentang PKM 5 Bidang ternyata tidak cukup dengan kerja keras,

Unhas Loloskan 116 Proposal PKM 5 Bidang, Peringkat ke-7 Nasional
TRIBUN TIMUR/HASRUL
Wakil Rektor III Unhas, Dr Abdul Rasyid Jalil (baju oranye) 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meloloskan 116 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun 2017.

Pencapaian tersebut menempatkan Unhas masuk 10 besar Perguruan Tinggi yang berhasil meloloskan proposal PKM terbanyak tahun 2017 dan satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia bagian Timur.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unhas, Dr Ir Abdul Rasyid Jalil MSi mengatakan pencapaian tersebut naik seratus persen jika dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya dimana Unhas hanya mampu meloloskan 58 dan 51 proposal.

"Ini meningkat 100 persen, sebab tahun 2015 hanya 58 proposal, tahun lalu hanya 51 dan tahun ini 116 proposal, ini buah dari sistem yang telah kami bangung dibawah kepemimpinan ibu rektor," ungkap Rasyid Jalil saat dikonfirmasi, Senin (20/3/2017).

Rasyid Jalil bercerita bahwa setelah Unhas mempelajar dua tahun terakhir tentang PKM 5 Bidang ternyata tidak cukup dengan kerja keras, harus dibarengi dengan kerja cerdas agar proposal yang dikirim layak untuk didanai.

Sehingga Unhas membentuk sistem khusus pendampingan proposal PKM 5 Bidang mulai dari pembentukan tim reviewer internal, klinik PKM, Pojok PKM dan kelompok PKM, dengan melibatkan semua elemen mulai dosen, pembimbing, ketua prodi, dan mahasiswa.

"Ini sistem yang kita bangun dan setiap bagian tersebut orangnya berbeda sesuai dengan keahliannya, intinya mahasiswa kita dampingi hingga selesai dan hasilnya sangat baik," kata Rasyid Jalil.

"Mahasiswa kita kelompokkan lalu minta menulis proposal setelah itu konsultasi dengan pembimbing, lalu di klinik di fakultas masing-masing melalui Klinik dan Pojok PKM setelah itu tim reviewer internal melakukan tugasnya barulah kita kirim," lanjut Rasyid Jalil menjelaskan.

Rasyid Jalil pun berharap mahasiswa Unhas mampu menyampaikan gagasan dan ide cemerlangnya melalui proposal PKM 5 Bidang karena Universitas telah membentuk sistem yang siap mendampingi hingga selesai.

Penulis: Hasrul
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help