Kaji Pidato Soekarno, Dosen UMI Raih Gelar Doktor di Unhas

pidato Soekarno terbentuk wacana dengan suatu praktik wacana yang melibatkan hubungan antara Soekarno sebagai pemimpin negara dengan rakyatnya.

Kaji Pidato Soekarno, Dosen UMI Raih Gelar Doktor di Unhas
HANDOVER
Dosen Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI), A Mulyani Kone berhasil meraih gelar Doktor bidang linguistik di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Dosen Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI), A Mulyani Kone berhasil meraih gelar Doktor bidang linguistik di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas).

Wakil Dekan II Fakultas Sastra UMI tersebut meraih gelar Doktor setelah berhasil memaparkan ringkasan disertasinya dan menjawab pertanyaan serta sanggahan dari para penguji di Aula Prof Matullada Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Senin (20/3/2017).

Dosen Kelahiran Makassar, 2 September 1959 tersebut meraih gelar doktor dengan predikat memuaskan berdasarkan penyampaian Pimpinan Sidang, Prof Drs H Burhanuddin Arafah MHum PhD.

Baca: Dua Dosen Fakultas Sastra UMI Promosi Doktor di Unhas

Alumni SDN Mangkura tersebut menyusun disertasi dengan judul Konfigurasi Ideologi Pada Pidato Soekarno Analisis Wacana Kristis.

Dalam ringkasan disertasinya, A Mulyani Kone mengatakan pada pidato Soekarno terbentuk wacana dengan suatu praktik wacana yang melibatkan hubungan antara Soekarno sebagai pemimpin negara dengan rakyatnya.

Sedangkan pada praktik sosiokultural dalam pidato soekarno menggambarkan adanya perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat yaitu perubahan dari revolusi fisik ke revolusi mental.

Penelitian dengan analisis wacana dengan pendekatan kritis tersebut bertujuan mendeksripsikan struktur wacana pada teks pidato Soekarno untuk menemukan iedologi dalam teks pidato soekarno dengan data yang bersumber dari naskah pidato Soekarnno dalam buku kumpulan pidato Soekarno "Revolusi belum selesai" (Budi Setiiono dan Bonnie Triiana) tahun 1965, 1966, 1967.

Promosi Doktor A Mulyani Kone dihadiri Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Dekan Fakultas Sastra UMI, Dra Hj Muli Umiaty Noer M Hum dan sivitas Fakultas Sastra UMI.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help