Diler Mobil Sambut Baik Rencana Pemangkasan Pajak Progresif

CEO Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin mengatakan langkah ini cukup bagus karena akan berefek pada penjualan.

Diler Mobil Sambut Baik Rencana Pemangkasan Pajak Progresif
int
www.tribun-timur.com 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ardy Muchlis

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Diler mobil di Sulsel menyambut positif rencana pemangkasan pajak progresif bagi kendaraan mobil di Sulsel.

CEO Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin mengatakan langkah ini cukup bagus karena akan berefek pada penjualan.

Namun begitu menurutnya lebih baik lagi jika pajak kendaraan perdana yang diturunkan dari 12,5 persen ke 10 persen. Lantaran karena efeknya juga membantu pembeli baru.

"Lebih baik jika bukan (pajak) progresif yang diturunkan, Orang nambah mobil sampai banyak kan uangnya relatif lebih siap dibanding yang baru punya satu mobil," Jelas Hariyadi Kaimuddin, Rabu (15/3/2017).

Lebih lanjut, Hariyadi menjelaskan pemangkasan pajak kendaraan untuk mobil pertama pernah dilakukan pada 2015 lalu dari 12,5 persen ke 10 persen.

"Terbukti berhasil angkat market otomotif sulsel pada saat itu," Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BMW Makassar, Chandrika Bramantiya mengatakan rencana pemangkasa pajak progresif yakni tentu sangat membantu industri otomotif di Sulsel semakin bertumbuh.

"Masyarakat menjadi semakin tergerak untuk membeli kendaraan baru. Dan tentu meningkatnya pembelian serta pendaftaran STNK di Sulsel menambah pendapatan daerah Sulsel sehingga makin maju ekonomi secara makro," Jelasnya.

Sebelumnya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov Sulsel sedang merevisi revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2010 yang memuat pajak kendaraan progresif. Dalam rancangan perda (ranperda) ini, pemprov memangkas pajak hingga Rp 2,75 %.

Kepala Bappeda Tautoto Tana Ranggina, mengatakan mengatakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) saat ini masih tinggi.

"PKB masih tinggi sehingga kita coba turunkan untuk membantu masyarakat," ujar Tautoto dalam Rapat Ekspose Rencana Perubahan Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah di Sekretariat DPRD Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel, Selasa (14/3/2017).

Penulis: Ardy Muchlis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help