Budayakan Literasi, Sidrap Raih Indeks Pembangunan Literasi Terbaik ke 4 di Indonesia

Khusus untuk pembangunan indeks literasi di Sidrap sejak beberapa tahun lalu telah menjadi percontohan nasional.

Budayakan Literasi, Sidrap Raih Indeks Pembangunan Literasi Terbaik ke 4 di Indonesia
handover
Sidrap menempati urutan ke 4 indeks pembangunan literasi terbaik di Indonesia.

Laporan Wartawan TribunSidrap.com, Amiruddin

TRIBUNSIDRAP.COM, PANGKAJENE - Sidrap kembali meraih prestasi di bidang pendidikan.

Daerah sentra beras tersebut menempati urutan ke 4 sebagai kabupaten dengan indeks pembangunan literasi terbaik di Indonesia.

Atas peringkat tersebut, Sidrap masuk kategori pembangunan literasi dengan kategori A.

Posisi terbaik pertama secara nasional ditempati Kabupaten Serdang Bedagai, Lumajang di posisi kedua, dan Bandung Barat di posisi ketiga.

"Alhamdulillah kami di Sidrap masuk posisi ke 4 indeks pembangunan literasi secara nasional," kata Bupati Sidrap Rusdi Masse dalam rilisnya ke TribunSidrap.com, Selasa (14/3/2017).

RMS sapaan akrab Bupati Sidrap itu menjelaskan, penilaian dan peringkat tersebut ditentukan secara independen oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

RMS mengatakan, khusus untuk pembangunan indeks literasi di Sidrap sejak beberapa tahun lalu telah menjadi percontohan nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Sidrap Nur Kanaah mengatakan, sejak beberapa tahun lalu, Dinas Pendidikan Sidrap telah menerapkan sistem literasi 15 menit membaca bagi seluruh siswa di sidrap sebelum memulai belajar.

"Bukan hanya itu, di kelompok-kelompok masyarakat telah kami terapkan sistem literasi dengan aktif melakukan literasi di public space atau taman taman yang ada di Sidrap," ujar Nurkanaah.

Jika tak ada aral melintang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan mengundang sebagai penerima penghargaan literasi terbaik di Indonesia urutan ke 4.

"Jadwalnya sudah ada sekitar tanggal 20 Maret, tinggal menunggu undangan resminya," ujarnya.(*)

Penulis: Amiruddin
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help