Wakil Ketua KY Jadi Anggota MKMK

Penunjukan itu atas tindak lanjut rencana pimpinan Mahkama Konstitusi (MK) untuk membentuk Majelis Kehormatan Mahkama Konstitusi.

Wakil Ketua KY Jadi Anggota MKMK
int
www.tribun-timur.com 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Komisi Yudisial (KY) RI menunjuk Wakil Ketua KY, Sukma Violetta menjadi anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) sebagai perwakilan dari lembaga Komisi Yudisial.

Penunjukan itu atas tindak lanjut rencana pimpinan Mahkama Konstitusi (MK) untuk membentuk Majelis Kehormatan Mahkama Konstitusi.

Juru Bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi mengatakan, penunjukan tersebut sesuai hasil rapat pleno pimpinan KY Selasa (31/1/2017). Wakil Ketua KY Sukma Violetta bakal menjadi salah satu anggota dari MKMK yang beranggota lima orang.

"Majelis Kehormatan tersebut terdiri atas: satu orang Hakim Konstitusi, satu orang anggota Komisi Yudisial, satu orang mantan Hakim Konstitusi, satu orang Guru Besar dalam bidang hukum, dan satu orang Tokoh Masyarakat," sebut Farid dalam rilisnya.

Pembentukan MKMK ini kata Farid bertujuan untuk memeriksa dan mengambil keputusan terhadap salah seorang hakim Mahkamah Konstitusi yang diduga melakukan pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Konstitusi.

Pembentukan MKMK ini kata Farid diharapkan sebagai bahan evaluasi sekaligus peringatan bagi hakim konstitusi untuk tidak melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Konstitusi.

"Penegakan sanksi akan diberikan kepada siapa pun, tanpa terkecuali, kepada Hakim yang melanggar,"tegasnya.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved